Berita

Kunjungan Industri MAN 5 Sleman ke Pusat Oleh-oleh dan Edukasi Bu Erna Semarang: Siswa Berlatih Membuat Stick Kopi

Selasa, 30 Juli 2024 / Berita

Semarang, 29 Juli 2024 - Pada hari Senin, 29 Juli 2024, seluruh siswa kelas XI MAN 5 Sleman yang berjumlah 195 siswa melakukan kunjungan industri ke Pusat Oleh-oleh dan Edukasi Bu Erna di Semarang. Kegiatan ini dilepas oleh Kepala MAN 5 Sleman, Akhmad Mustaqim, S.Ag., M.A., pada pukul 07.00 pagi di halaman madrasah dengan doa bersama.

Setibanya di lokasi, rombongan siswa disambut oleh tim UMKM Pusat Oleh-oleh dan Edukasi Bu Erna. Di tempat tersebut, para siswa diperkenalkan dengan berbagai produk olahan UMKM setempat seperti aneka tumpi sayuran, stick kopi, olahan bunga telang, waluh, dan lain-lain.

Bu Erna, pemilik UMKM, memberikan demo masak membuat stick kopi, salah satu produk unggulan daerah setempat. Dua siswa, Ari dan Ezi, berkesempatan untuk ikut praktik membuat stick kopi. "Saya sangat senang bisa belajar langsung dari Bu Erna. Pengalaman ini sangat berharga dan menginspirasi saya untuk mencoba membuat produk UMKM sendiri," kata Ari. Ezi menambahkan, "Praktik ini memberikan saya wawasan baru tentang proses produksi dan pentingnya inovasi dalam usaha kecil."

Guru boga MAN 5 Sleman, Eka Widyaningrum, S.Pd., turut mengomentari kegiatan ini. "Kunjungan industri ini sangat bermanfaat bagi siswa untuk memahami secara langsung proses produksi makanan dan minuman olahan. Pengalaman ini akan menambah wawasan mereka tentang industri makanan dan memberikan inspirasi untuk menciptakan produk baru di masa depan," ujarnya. 

 

Waka Kurikulum MAN 5 Sleman, Hj. Musfiroh, M.Pd., berpesan kepada para siswa agar dapat mengamati dengan baik dan menyerap ilmu yang diberikan selama kunjungan. "Manfaatkan kesempatan ini untuk belajar dan memahami bagaimana usaha kecil bisa berkembang. Saya berharap, kelak kalian juga bisa menjadi entrepreneur sukses yang mampu menciptakan produk unggulan dan membuka lapangan kerja bagi masyarakat," pesannya.

 

Kunjungan industri ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan inspirasi bagi para siswa MAN 5 Sleman untuk menjadi wirausahawan yang kreatif dan inovatif di masa depan. (fat)

 

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895