Berita

Pengukuhan Dewan Ambalan MAN 5 Sleman Angkatan 14

Senin, 17 Oktober 2022 / Berita

Sleman (MAN 5 Sleman) – Pengukuhan  Dewan Ambalan Gugus Depan 08091- 08092 Pangeran Diponegoro - Nyi Ageng Serang pangkalan MAN 5 Sleman Angkatan 14 periode 2022/2023 berlangsung pada Sabtu-Minggu (15-16/10) diikuti oleh 24 peserta, 7 putra dan 14 putri. Dewan Ambalan ini digembleng selama 2 hari dengan melakukan perjalanan rute juang Pangeran Diponegoro - Nyi Ageng Serang. Tujuannya menjadikan Dewan Ambalan MAN 5 Sleman kuat mental dan fisik, tumbuhnya jiwa korsa, meningkatkan kekompakan dan kekeluargaan. Siap dan Mantap menjadi Dewan Ambalan MAN 5 Sleman.

Peserta berangkat mulai pukul 09.00 WIB dari kampus MAN 5 Sleman dengan sebelumnya mengikuti apel pembukaan. Dalam apel tersebut Kamabigus, Drs. Aris Fu’ad memberikan arahan dan semangat kepada peserta. “Selamat melakukan perjalanan rute juang Pangeran Diponegoro – Nyi Ageng Serang, kegiatan ini bertujuan  memberikan pembekalan fisik, mental dan ketrampilan supaya terbentuk kekompakan, persaudaraan, kekeluargaan dan jiwa korsa di hati kalian sebagai Dewan Ambalan. Semoga Allah memberikan kelancaran, kekuatan dan keselamatan dari awal sampai berakhirnya kegiatan”, terang Drs. Aris Fu’ad.
 

Perjalanan menuju ke Makam Nyi Ageng Serang di Bukit Beku, Banjarharjo, Kalibawang, Kulonprogo. Jalurnya melalui napak tilas rute juang Nyi Ageng Serang. Masuk keluar kampung menyusuri sungai dan sawah, melewati jembatan gantung di atas sungai Progo. Kemudian para peserta beristirahat dan sholat zuhur di Masjid padukuhan Duwet, Banjarharjo, Kalibawang. Para peserta menaiki perbukitan Menoreh dan tiba di Makam Nyi Ageng Serang sekitar jam 14.30 WIB. Dilanjutkan dengan istirahat dan sholat Ashar di pendopo makam, sholat Ashar di mushola berlanjut dengan pasang tenda berjumlah 4. Sekitar jam 16.00 WIB diadakan upacara Buka Tutup Adat dengan pembina upacara Kamabigus, Drs. Aris Fu’ad.

 

Setelah sholat maghrib dilanjutkan ziaroh ke makam di pimpin oleh Bapak Mardiyanto sampai jam 19.00 WIB. Setelah sholat Isyak, dilanjutkan makan malam dan sarasehan antara panitia dan peserta sampai jam 21.30 WIB. Pada pukul Jam 02.00 - 03.30 WIB (16/10) dini hari diadakan kegiatan pencarian atribut Dewan Ambalan disekitar halaman makam.

Pada pukul Jam 04.00 WIB peserta melakukan bersih tenda dan bersih lingkungan dilanjutkan peserta turun dari gunung melewati perbukitan Menorah. Setelah sholat subuh berjamaah kemudian dilanjutkan dengan Pengukuhan Dewan Ambalan dengan pemasangan Atribut DA kepada para peserta oleh Kagudep, Drs, Sumarlan di kawah Candradimuka, selokan Mataram, sebelah barat Kapanewon Kalibawang. Dalam arahannya Drs. Sumarlan menekankan bahwa kegiatan ini merupakan proses kaderisasi di lingkungan Ambalan MAN 5 Sleman, sehingga diharapkan dapat meneruskan tongkat estafet kepemimpinan Dewan Ambalan dan selanjutnya dapat memberikan prestasi yang terbaik untuk MAN 5 Sleman. Setelah acara pengukuhan peserta pulang dengan meyusuri jalan raya dan rute juang Nyi ageng serang. Para peserta tiba di kampus MAN 5 Sleman sekitar jam 11.00 WIB

Salah satu peserta, Okta Nur (XI IPS 1) mengatakan kegiatan ini sangat membutuhkan persiapan fisik yang bagus karena selama kegiatan kami berjalan dengan membawa perlengkapan dan menggendong Tas perbekalan terus menerus sampai di Makam Nyi Ageng Serang. “Jujur bagi saya ini pertamakali berjalan selama berjam-jam, bahkan tidur pun kurang karena di malam haripun banyak kegiatan. Namun bagi saya, kegiatan ini menjadi pengalaman yang berkesan dan tidak terlupakan”, terang Okta Nur. (Nk)

 

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895