Berita

MAN 5 Sleman Gelar Wisuda Purna Siswa Kelas XII Tahun Ajaran 2022-2023

Selasa, 30 Mei 2023 / Berita

Sleman (MAN 5 Sleman) – MAN 5 Sleman sukses gelar wisuda purna siswa Kelas XII Tahun Ajaran 2022/2023, Rabu (17/05/2023) bertempat di Gedung Auditorium Monumen Jogja Kembali. Di Tahun ini ada sebanyak 192 siswa yang diwisuda. Disiarkan melalui streaming melalui link youtube  MAN 5 Sleman   https://www.youtube.com/watch?v=yTUXInSJ2LE bertemakan Menggapai Asa Menjadi Generasi Islami yang Unggul, menuju Madrasah Mandiri Berprestasi. Prosesi wisuda purna siswa merupakan prosesi istimewa yang dilaksanakan dengan khidmat. Hadir dalam acara ini orang tua atau wali siswa, Komite, Perangkat Desa hingga Kecamatan, Kepala Madrasah sekitar, serta pejabat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman maupun Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi DIY.

Acara Wisuda Purna Siswa dilaksanakan dengan berbagai rangkaian acara. Wisuda Purna Siswa tahun ini terasa sangat semarak dan meriah. Diawali dengan pementasan Tari Roro Ngigel oleh 5 penari dari siswa kelas X dan XI, berlanjut dengan acara Kirab Wisuda, pembacaan Ayat suci Alquran, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Madrasah.

Dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Madrasah MAN 5 Sleman oleh Akhmad Mustaqim, S.Ag. MA. Dalam sambutannya, Akhmad Mustaqim, S.Ag. M.A memberikan informasi penting diantaranya 192 Siswa Kelas XII diwisuda 100 persen. “Bapak ibu dan hadirin yang berbagaia, dalam wisuda kali ini alhamdulillah sebanyak 192 siswa kelas XII yang diwisuda 100% dan terdapat siswa siswi yang sudah mendapat kursi di PTN maupun PTS diantaranya 12 dari SNBP, 11 dari SPAN PTKIN, dan 11 dari PTS”, terang Akhmad Mustaqim, S.A., M.A. Melanjutkan dari sambutan Kepala MAN 5 Sleman, Ketua Komite MAN 5 Sleman, H. Hafan Asrori, S.Pd menambahkan harapannya kedepan siswa siswi yang akan melanjutkan di PTN dan PTS akan bertambah. “Selamat kepada siswa sisiwi yang sudah mendapat bangku di kampus, bagi siswa yang belum tetap semangat, berdoa dan belajar karena masih banyak jalur untuk bisa masuk di kampus impian”, ungkap H. Hafan Asrori, S.Pd.

Setelah itu ada acara sambutan dari perwakilan orang tua siswa yang diwakili oleh Dr. Arif Budiman, S.S. M.A dalam sambutannya ia mengucapkan terima kasih kepada kepada bpk/ibu guru. “Terima kasih kepada kepada bpk/ibu guru yang dengan penuh keiklasan dan dedikasi yang  tinggi  telah mengajar, membimbing, melatih, mengarahkan putra-putri kami selama tiga tahun ini dan kami menerima kembali putra putri kami. Kami juga minta doa restu agar kami dapat melanjutkan pendidikan dan pendampingan putra-putri kami untuk mencapai kesuksesan”.

Sebelum prosesi wisuda ada persembahan tari Warak Dugder dari Dyan siswi kelas XI MIPA 3.  Setelah acara prosesi wisuda dan pembacaan Ikrar Wisuda ada sambutan dari Kakanwil kemenag DIY. Kepala Kanwil Kemenag DIY, Dr. H. Masmin Afif, M.Ag  pembelajaran selama tiga tahun di MAN 5 Sleman dibekali dengan keterampilan keterampilan yang bermanfaat ditengah tengah masyarakat. “Harapannya siswa telah dinyatakan lulus dapat menerapkan keterampilan abad 21, yaitu menjadi manusia yang kreatifkritis berfikir, berkomunikasi yang baik dan dapat berkolaborasi atau berkerja sama sehingga dapat menjadi manusia yang cerdas secara spiritual maupun kesholehan sosial. Jaga Almamater MAN 5 Sleman kedepan. Bagi siswa yang belum puas silahkan dapat meneruskan di perguruan tinggi sehingga dapat mengembangkan ilmu yang diperoleh selama ini sebagai calon pemimpin bangsa”, jelas Masmin Afif.

Setelah itu berlanjut dengan acara pemberian Reward, ada beberapa kategori diantaranya, juara masing masing kelas, Puspa Pustaka Inovatif dan kreatif, dan Mavesa Award. Juara kelas XII MIPA 1 jatuh kepada Fatkhul Huda, XII MIPA 2 jatuh kepada Rahmat Joan Pratama, XII MIPA 3 jatuh kepada Putri Khaleida Zahra, XII IPS 1 jatuh kepada Annisa Noor Ramadani, XII IPS 2 jatuh kepada Dwi Yuniarti, XII IPS 3 jatuh kepada Iqbal Hanif, dan XII Keagamaan jatuh kepada Nuzulul Devi Harnum Luxmawati. Sedangkan untuk Puspa Pustaka Inovatif jatuh kepada Intan Julia XII MIPA 1, Puspa Pustaka Kreatif jatuh kepada Yuyun Rochimah XII  Keagamaan. Untuk Mawesa Award jatuh kepada Putri Khaleida Zahra XII MIPA 3. Mavesa Award adalah sebuah penghargaan kepada wisudawan terbaik dari program peminatan MIPA, IPS dan Keagamaan berdasarkan prestasi akademik, non akademik dan berkarakter akhlaqul karimah.

Acara dilanjutkan dengan penampilan lagu Solo oleh Helmi Anwar XII IPS 2 dengan judul “Bidadari Tak Bersayap” dari Anji. Dilanjutkan dengan persembahan dari Bapak/ Ibu guru pegawai yakni Paduan Suara “Lulus MAN 5 Istimewa” sebanyak 30 personil. Seluruh rangkaian acara berjalan lancar dan berakhir pukul 12.00 WIB tepat Setelah acara para wisudawan wisudawti asyik berfoto dengan teman, orang tua maupun bapak/ ibu guru, disini panitia juga menyediakan photo bootb dengan berbagai aksesoris  kata kata unik.(nk)

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895