Berita

Melani Aprilia Rahmawati, Siswa MAN 5 Sleman Lolos Seleksi Ke Jambore Nasional XI

Rabu, 27 Juli 2022 / Berita

Jamnas (Jambore Nasional) ke XI akan dilaksanakan pada (14-21/8) di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta. Melani Aprilia Rahmawati, siswa MAN 5 sleman berhasil lolos seleksi mewakili kontingen Sleman dalam acara kemah besar, pertemuan pramuka tingkat penggalang seindonesia yang diselenggarakan oleh kwartir nasional itu.

Tujuan jambore nasional ini adalah untuk membentuk peserta sebagai pribadi yang pandai di bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial bagi individu dan sebagai anggota masyarakat.

Ditemui di meja kerjanya Kepala MAN 5 Sleman, Drs. Aris Fu’ad mengaku bersyukur dan sangat bangga. “Alhamdulillah, syukur pada Allah ada siswa MAN 5 Sleman yang berhasil lolos menjadi bagian kontingen Sleman mengikuti Jambore Nasional XI, sangat membanggakan sekali. Semoga nanti akan berimbas pada kemajuan Pramuka MAN 5 Sleman kedepan”, jelas Drs. Aris Fu’ad. Sedangkan Wakil Kepala Urusan Kesiswaan Minda Herlina, S.Pd menjelaskan bahwa prestasi siswa ini diharapkan akan semakin meningkat pada event berikutnya. “Prestasi ini diharapkan menjadi pemantik semangat dan motivasi bagi para siswa-siswi MAN 5 Sleman lainnya untuk turut berprestasi,” harap Minda Herlina.

Melani Aprilia Rahmawati adalah siswa MAN 5 Sleman kelahiran Magelang, 7 April 2022 saat ini masih duduk di kelas X IPS 3. Melani mengaku tahapan seleksi untuk bisa menjadi kontingen Sleman ini cukup panjang. “Awalnya saya dipilih Pembina Pramuka MTS N 2 Sleman sekitar bulan April mewakili madrasah untuk seleksi di kwartir ranting (kwarran) Tempel, berlanjut seleksi ke kwartir cabang (kwarcab) Sleman”, terang Melani.

Tahapan seleksi yang pertama adalah dari gugus depan (gudep) sekolah/ madrasah, tahapan seleksi dari sekolah akan merekrut sebanyak dua orang, satu putra dan satu putri untuk mengikuti seleksi tingkat kwartir ranting (kwarran). Dalam ujian tingkat kwarran peserta diuji pengetahuannya tentang semaphore dan sandi.

Selanjutnya setelah seleksi tingkat kwarran ada seleksi tingkat kwartir cabang, seleksi ini merupakan seleksi akhir untuk dapat mewakili kwartir cabang (kwarcab). Seleksi Kwarcab bertempat di Graha Pramuka Sleman. Adapun ujiannya berupa praktek berkemah selama 2 hari 1 malam dengan materi ujian baris berbaris, tali temali, pionering, memasak, pembinaan fisik: lari, (teknik-teknik berjalan membawa beban). Di tingkat kwarcab inilah Melani berhasil lolos seleksi bersama 15 peserta lainnya menjadi kontingen Sleman yang akan berangkat Jamnas nanti. Kontingen Sleman akan mengirimkan 2 regu yang terdiri dari satu regu putra dan satu regu putri dimana masing-masing anggota berjumlah 8 personil.

Setelah lolos seleksi kwartir cabang dilanjutkan dengan pembekalan. Adapun pembekalan pertama di Dinas Pendidikan Kab. Sleman pada (18/5) berupa  pengarahan dan gambaran jambore nasional. Pembekalan selanjutnya di tingkat kwartir daerah (kwarda) DIY yang bertempat di kompleks bumi perkemahan taman Tunas Wiguna, Babarsari pada (23-24/7). Dan akan ada pembekalan akhir (gladi bersih) dengan tempat yang sama pada tanggal (6-7/8) nanti yang tujuannya memberikan persiapan yang matang bagi peserta untuk mengikuti jamnas (jambore nasional) di bumi perkemahan Cibubur pada tanggal (14-21/8).

Melani mengaku senang bisa menjadi perwakilan kontingen Sleman dalam acara jamnas “Saya merasa sangat senang mengikuti kegiatan ini karena selain nambah pengalaman, melatih kemandirian juga punya temen dari beberapa daerah. Semoga nanti bisa mendapat hasil yang bagus”, ungkap Melani.(Nk)

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895