Berita

Adiwiyata Nasional MAN 5 SLEMAN Adakan Pendidikan Lingkungan Hidup

Kamis, 14 Juli 2022 / Berita

MAN 5 Sleman adalah Madrasah yang mengantongi predikat Adiwiyat tingkat Nasional. Untuk mempersiapkan kegiatan belajar mengajar yang nyaman dan kondusif Tim Adiwiyata MAN 5 Sleman mengadakan pendidikan Lingkungan Hidup yang bertemakan Getar 2 atau Gerakan Tanam dan Rawat Tahap 2, (14/7).

 

Ditemui di ruang kerjanya, Kepala MAN 5 Sleman Drs. Aris Fu’ad sangat mengapresiasi kegiatan ini dalam mendukung program MAN 5 Sleman sebagai Madrasah Adiwiyata Nasional. Diharapkan siswa semakin nyaman dan merasa bahagia berada di lingkungan Madrasah. “Kalau suasana asri, rapi dan bersih pasti  para guru dan siswa akan kerasan sampai sorepun di Madrasah” ungkap Drs. Aris Fu’ad.

 

Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas XI, dengan memakai pakaian olahraga mereka tampak semangat dan antusias, ada yang menyapu, mengumpulkan sampah, mencabut rumput, menyiapkan bibit dan menyiapkan media tanam. Diawali dengan pengarahan dari walikelas tentang pentingnya peduli dan menjaga lingkungan sekitar di kelas masing-masing.

 

Suryatun Munayani, S.Pd selaku Ketua Adiwiyata mengadakan pembagian area lahan hijau madrasah dimana masing masing area sudah ada tim penanggungjawabnya. Area yang menjadi perawatan mencakup area sekitar lapangan, parkir siswa, area depan dan belakang sepanjang gedung selatan, area halaman tengah, area sekitar mushola, area halaman depan PTSP dan area kolam. Sedangkan gerakan tanam meliputi pemilihan tanaman siap pembibitan, penyiapan media tanam siap pakai dengan sekam dan kohe (kotoran hewan). “Kali ini kita membagi tim menjadi 2 yakni Tim Tanam dan Tim Rawat, masing-masing terdiri dari Walikelas dan siswa untuk menjangkau semua area lahan hijau madrasah, semoga semua area madrasah bisa terjaga kehijauan dan kerapiannya nanti”, ujar Suryatun Munayani, S.Pd.

 

Salah satu siswa, Wulan Kurniawati (XI IPS 3) mengaku kegiatan ini sangat mengasyikkan. “Ternyata merawat tanaman dan mempersiapkan berbagai jenis bibit tanaman sangat mudah dan mengasyikkan, semoga kedepan ada kegiatan Adiwiyata lagi” ujar Wulan dalam tim Rawat.(Nk/tmr)

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895