Sleman – MAN 5 Sleman menerima kunjungan observasi mahasiswa dari Universitas Mercuana pada Kamis, 23 Oktober 2025, dalam kegiatan bertajuk Observasi Mahasiswa: Jembatan Memahami Dinamika Manajemen di Madrasah. Kegiatan ini diikuti oleh Wakil Kepala Urusan Kurikulum, guru Bimbingan Konseling, serta mahasiswa atas nama Karin Hesty Yulianty yang sedang melakukan studi lapangan terkait manajemen pendidikan.
Observasi dilakukan untuk memberikan pemahaman langsung kepada mahasiswa tentang bagaimana prinsip-prinsip manajemen diterapkan dalam praktik nyata, khususnya dalam meningkatkan kinerja madrasah, menciptakan proses belajar mengajar yang efektif, dan menghasilkan lulusan berkualitas. Mahasiswa memperoleh gambaran tentang pengelolaan kurikulum, penerapan supervisi akademik, pembinaan karakter siswa, hingga strategi peningkatan mutu pendidikan berbasis keunggulan madrasah.
Waka Kurikulum MAN 5 Sleman, Siti Aminah, S.Pd., menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya, observasi mahasiswa merupakan bagian dari kolaborasi dunia pendidikan tinggi dan satuan pendidikan menengah dalam menguatkan pemahaman manajerial secara faktual. “Manajemen pendidikan tidak cukup hanya dipelajari melalui teori, tetapi perlu dilihat langsung dalam praktik. Melalui observasi ini, mahasiswa dapat memahami bahwa manajemen madrasah berjalan melalui koordinasi, evaluasi berkelanjutan, dan pelayanan pendidikan yang humanis,” ujarnya.
Kepala MAN 5 Sleman, Mucharom, S.Ag., M.S.I., menyampaikan bahwa MAN 5 Sleman selalu terbuka terhadap kegiatan akademik yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan peningkatan kualitas pendidikan. “Kegiatan observasi ini menjadi ruang berbagi praktik baik yang telah dijalankan madrasah dalam pengelolaan pendidikan. Melalui interaksi langsung, mahasiswa dapat melihat bagaimana prinsip manajemen diterapkan untuk menciptakan iklim belajar yang efektif, inovatif, dan berdaya saing,” tuturnya.
Ia juga menambahkan bahwa kehadiran mahasiswa di madrasah diharapkan mampu memperluas jejaring akademik serta menghadirkan perspektif baru dalam pengembangan manajemen madrasah di masa mendatang.
Kegiatan observasi berlangsung dalam suasana interaktif melalui diskusi, tanya jawab, serta pemaparan langsung tentang sistem kerja di madrasah. Dengan adanya observasi ini, MAN 5 Sleman menunjukkan komitmennya sebagai lembaga pendidikan yang tidak hanya unggul dalam akademik, tetapi juga menjadi pusat pembelajaran praktik manajemen pendidikan yang inspiratif dan aplikatif. (fat/gal)
Kirim Komentar