Berita

Tiga Siswa MAN 5 Sleman Raih Juara Harapan II Lomba Penulisan Esai Sejarah 2024

Jumat, 11 Oktober 2024 / Berita

 

Sleman– (MAN 5 Sleman) Tiga siswa MAN 5 Sleman berhasil meraih prestasi di ajang *Lomba Penulisan Esai Sejarah 2024* yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman tingkat SMA/MA dan sederajat, Rabu (09/10/2024). Dzulfikar Damaltrik Ali (XII MIPA 1), Nanda Putri  Nurmalita (XI A), dan Ahadiana Nurul Falah (XI B) berhasil meraih Juara Harapan II dengan esai mereka berjudul *"Tetenger Brayut: Simbol Keberanian dan Perlawanan Rakyat yang Dititeni Belanda."*

Lomba yang berlangsung dari (6-26/09/2024) ini diikuti oleh 20 peserta dari berbagai sekolah di Kabupaten Sleman. Proses lomba melibatkan beberapa tahapan, mulai dari sosialisasi, diskusi untuk menentukan tema atau objek penelitian, hingga pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah menyusun karya tulis, para peserta mengikuti workshop penulisan esai selama dua hari, kemudian merevisi karya mereka sebelum diumumkan 10 besar. Pada tahap akhir, peserta yang lolos mempresentasikan karyanya di hadapan dewan juri, yang terdiri dari Kuncoro Hadi, S.S., M.Hum., Indra Fibiona, S.S., M.AP., dan Wahjudi Djaja, S.S., M.Pd.

 

Dzulfikar, yang telah tiga kali berturut-turut mengikuti lomba ini sejak kelas X, mengungkapkan bahwa tantangan yang dihadapi dalam lomba ini sangat luar biasa. "Lomba ini sangat menantang, terutama dalam hal menggali sejarah lokal yang belum banyak diangkat, tetapi itu justru menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi kami," ungkapnya.

 

Keberhasilan ketiga siswa MAN 5 Sleman ini tidak terlepas dari bimbingan intensif Mimi Alpian, S.Pd., selaku pembimbing. Kepala MAN 5 Sleman, Akhmad Mustaqim, S.Ag., M.A., turut memberikan apresiasi atas prestasi yang diraih siswanya. "Kami bangga atas capaian mereka, dan ini menunjukkan bahwa siswa MAN 5 Sleman memiliki potensi besar dalam bidang akademik, termasuk dalam penulisan sejarah," ujarnya.

 

Dengan pencapaian ini, MAN 5 Sleman kembali membuktikan kiprahnya dalam berbagai kompetisi akademik di tingkat kabupaten. (fat/NK)

 
 

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895