Berita

Tingkatkan Motivasi, MAN 5 Sleman Gelar AMT untuk Siswa Kelas X

Jumat, 04 Oktober 2024 / Berita

Sleman (3/09/024) – Sebanyak 215 siswa kelas X MAN 5 Sleman mengikuti kegiatan Achievement Motivation Training (AMT) yang digelar di Aula MAN 5 Sleman pada Kamis pagi. Acara ini berlangsung dari pukul 07.00 hingga 10.00 WIB, dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam meraih prestasi di masa depan.

 

Kepala MAN 5 Sleman, Akhmad Mustaqim, S.Ag., M.A., dalam sambutannya menyampaikan harapan besar kepada para siswa kelas X. Ia menekankan pentingnya memiliki motivasi sejak dini, khususnya dalam merencanakan masa depan, termasuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Namun, beliau juga mengingatkan bahwa selain harus melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, mengingat tipologi MAN 5 Sleman sebagai madrasah keterampilan. Setiap siswa diharapkan mampu mengembangkan bakat dan minatnya masing-masing, baik di jalur akademik maupun keterampilan.

 

AMT kali ini menghadirkan narasumber H. Supardi, S.Pd., M.Pd., seorang guru MAN 3 Sleman yang juga berpengalaman sebagai Trainer ESQ dan Lembaga M3 Training. Dalam materinya, Supardi memaparkan konsep prestasi sebagai hasil kerja yang lebih baik dari sebelumnya. Ia menekankan bahwa kunci dari kesuksesan adalah tingkat kemauan seseorang untuk terus berjuang memperbaiki diri.

 

"Semuanya akan sukses, yang membedakan hanya prosesnya. Ada yang cepat, ada yang butuh waktu lebih lama, tapi selama kita mau berjuang dengan benar, kita pasti bisa," ujar Supardi. Ia juga mengingatkan pentingnya bersemangat dalam menjalani kehidupan, karena semangat akan mempertemukan kita dengan orang-orang yang juga bersemangat.

 

Dalam sesi motivasinya, Supardi memberikan beberapa tips penting untuk mencapai kesuksesan, antara lain:

1. Mengucapkan hal-hal positif seperti "saya kuat, saya percaya diri, saya berani, saya disukai teman-teman."

2. Fokus pada tujuan dan membuat skala prioritas, mendahulukan yang paling utama.

3. Menghindari pikiran negatif karena apa yang kita pikirkan akan menentukan kesuksesan kita.

4. Mempertajam kemampuan dan keterampilan diri.

5. Membangun sinergi dengan lingkungan yang mendukung semangat berjuang.

 

Para siswa terlihat antusias mengikuti pelatihan ini, dengan membawa alat tulis, buku, dan bolpoin sesuai dengan instruksi sebelumnya. Kegiatan ini diharapkan dapat membekali para siswa dengan motivasi yang kuat untuk mencapai prestasi baik di bidang akademik maupun keterampilan sesuai minat masing-masing. (fat/NK)

 

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895