Berita

Penuh Semangat! MAN 5 Sleman Adakan KBLH Tahun Ajaran 2023-2024

Rabu, 15 Mei 2024 / Berita

Sleman (MAN 5 Sleman) - MAN 5 Sleman  menggelar Kemah Bakti Lingkungan Hidup (KBLH) Tahun 2024 selama tiga hari dari Sabtu-Senin (11-13/05) di Bumi Perkemahan Memorial Camp, Sentolo, Kulonprogo, Propinsi DIY. Kegiatan Kemah Bakti ini diikuti oleh  196  siswa kelas X  dengan tujuan melatih kemandirian, kepekaan sosial dan cinta lingkungan peserta didik.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu bentuk realisasi  Program Gugus Depan Pramuka  08091-08092 Dewan Ambalan MAN 5 Sleman  Tahun Pelajaran 2023-2024.

Dalam sambutan di upacara Pembukaan Kamabigus, Akhmad Mustaqim, S.Ag., MA menyampaikan tujuan dari kegiatan kemah ini. “Anak-anak perkemahan ini sangat bermanfaat bentuk nyata pengabdian anggota Pramuka  MAN 5 Sleman kepada Masyarakat, selain itu meningkatkan rasa peduli dan cinta terhadap lingkungan alam, meningkatkan semangat kerja sama antar anggota Pramuka, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang sosial serta  mengasah life skill, ketangguhan dan ketangkasan.

Pada hari pertama, Sabtu (11/05) kegiatan utama  berupa bangun desa dan pendirian tenda. Ada 27 sangga, sangga putra sejumlah 12, dan sanggs putri sejumlah 15. Dilanjutkan dengan upacara pembukaan pada siang hari oleh Kamabigus, dilanjutkan oleh materi Tagana, giat CCP (Cerdas Cermat Pramuka) dan giat Hasta karya pada sore hari. Malam hari setelah sholat Magrib, Mujahadah  dan Sholat Isya’, dilanjutkan dengan Giat Yel-Yel dan Fashion Show dengan tema pakaian adat Nusantara.

Sedangkan kegiatan pada hari ke dua diawali dengan sholat subuh dan kajian subuh dilanjutkan dengan bersih diri, masak. Setelah sarapan bersama dilanjut dengan giat Pionerring dan Semaphore, materi dari Dinas Lingkungan Hidup, materi sosialisasi PMI. Siang harinya diisi dengan berbagai giat diantaranya giat CCP Final, Giat Poster, Giat Masak, Giat Kultum dan Giat Murothal. Di malam harinya ada kegiatan api unggun dan penampilan pensi dari perwakilan setiap sangga. Disini mereka menunjukkan bakat dan kreatifitas.

Memasuki hari ketiga, Senin (13/05) kegiatan utama diisi dengan jelajah alam, bakti sosial dengan membagikan 43 paket sembako kepada warga sekitar, dilanjutkian dengan widegame dan pembongkaran tenda serta membersihkan lingkungan sekitar bumi perkemahan. Siang hari Kambigus Man 5 Sleman, Akhmad Mustaqim, S.Ag., MA. menutup kegiatan perkemahan yang ditandai dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba dari masing-masing sangga. 

Di sela-sela kesibukannya, salah satu Pembina Pramuka, Kak Sumarlan memberikan apresiasi bagi seluruh adik-adik Pramuka yang sedang mengikuti kegiatan perkemahan ini dan menyampaikan target kegiatan perkemahan ini antara lain agar peserta Kemah Bakti Lingkungan Hidup mampu menjadi generasi penerus bangsa yang disiplin, mandiri, tanggung jawab dan berakhlak mulia. Selain itu juga untuk meningkatkan kemandirian, kebersamaan, toleransi, kepekaan sosial dan cinta lingkungan.

“Setiap insan Pramuka harus mampu terjun kesemua lapisan dan kalangan masyarakat untuk berbuat lebih baik, menjadi generasi muda yang kreatif, inovatif serta inspiratif sesuai dengan perkembangan jaman. Kegiatan ini tentunya juga sebagai wadah dan sarana perekat antar anggota Pramuka MAN 5 Sleman”, tegas Kak Sumarlan. (nk)

 

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895