Berita

Siap Hadapi Penilaian Akhir Tahun TA 2023/2024, MAN 5 Sleman Adakan AMT dan Parenting Kelas XI

Selasa, 30 April 2024 / Berita

Sleman—(MAN 5 Sleman) Dalam mempersiapkan kesuksesan siswa, MAN 5 Sleman mengadakan Achievement Motivation Training (AMT) dan Parenting serta acara Doa Bersama bagi Siswa dan Orang Tua Kelas XI bertempat di Aula madrasah setempat, pada Sabtu (27/04/2024).

Dalam sambutannya, kepala MAN 5 Sleman Akhmad Mustaqim, S.Ag., MA menyampaikan beberapa point penting kaitannya dengan kolaborasi madrasah dan orang tua. “Bapak Ibu dalam tugas pengasuhan anak yang pertama adalah kewajiban utama orang tua, maka dari itu tidak bisa sepenuhnya dipasrahkan kepada madrasah. Untuk mewujudkan generasi terbaik maka madrasah dan orang tua perlu kolaborasi yang terbaik pula”, terang Akhmad Mustaqim, S.Ag., MA. Selain itu Akhmad Mustaqim, S.Ag., MA mengingatkan kembali hal-hal yang berkaitan dengan pengasuhan anak diantaranya yang pertama adalah menjaga sholat lail walaupun hanya dua rakaat dan menjaga makan dan minum yakni diperoleh dari harta yang halal dan baik. Karena akan ada pengaruhnya dalam perkembangan akal dan hati anak-anak. 

Acara dimulai dengan mujahadah dan doa bersama yang dipimpin oleh Muh. Sugimar Robitina, S.Pd. Kegiatan ini ditujukan untuk menghadapi Penilaian Akhir Tahun 2023/ 2024 yang rencanyanya akan dilaksankan sekitar akhir bulan Mei 2024 nantinya.

Waka Kurikulum, Musfiroh, S.Pd., M.Pd menambahkan bahwa kali ini motivator yang mengisi parenting dan AMT adalah bapak Kristya Mintaja, S.Pd, M.Ed, St. Dalam paparan materinya ada beberapa point penting yang ia sampaikan diantaranya:

  1. Sukses bukan karena siapa orang tua kita, tapi karena soa dan usaha dari tiap individu

  2. Yang dibutuhkan dalam sukses adalah kejujuran dan kedisiplinan. Siswa harus membiasakan tertib dan disiplin dari segala aspek mulai sekarang supaya menjadi kebiasaan dan karakter kedepannya.

  3. Orang hebat bukan orang yang juara tapi orng yang bertanggung jawab.

  4. Orang tua ada untuk mendampingi anaknya menggapai cita-cita, tapi tetap memberikan kesempatan kepada anak untuk menyelesaikan permasalahannya sendiri dengan pantauan dan pendmapingan orang tua

  5. Kalau anak terpuruk jangan dimarahi, dekati, peluk dan ajak untuk bangkit bersama 

  6. Siswa, sekolah dan orang tua harus kompak, kita buat sebuah tim demi kesuksesan anak

  7. Bersemangat dalam belajar dan siap menghadapi ujian dengan tanggungjawab, jujur dan disiplin adalah bentuk aktualisasi dalam memepersipakan masa depan yang gemilang

Sesi AMT dan parentinng diakhiri dengan berdoa bersama dipimpin pembicara. (nk)

 

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895