Berita

MAN 5 Sleman Terima dan Salurkan Zakat Fitrah

Jumat, 05 April 2024 / Berita

MAN 5 Sleman Terima dan Salurkan Zakat Fitrah

Sleman—MAN 5 Sleman telah melaksanakan pengumpulan zakat fitrah dimulai pada Senin (25/03/2024) hingga Selasa (02/04/2024) bertempat di ruang piket dengan dikoordinir oleh siswa anggota rohis. Besaran zakat fitrah yang dibayarkan tiap siswa yaitu 2,5 kg beras atau jika diuangkan sebesar Rp. 40.000. 

Setelah pengumpulan zakat fitrah selesai panitia kemudian melaksanakan penyaluran zakat fitrah pada hari Rabu, (03/04/2024) dan Kamis (04/04/2024). Penyalurannya selain untuk ditujukan kepada siswa siswi yang berhak menerima zakat juga disalurkan kepada pondok pesantren yang berada di sekitar lokasi MAN 5 Sleman. Di antaranya adalah PP Al Barokah Jogokerten,  Pp. Junudul Falah Cebongan, . PP. Idzharul Haq Ngebong,  Ummi Gammar Ngebong, PP kiayi Fatwa, PP Bu Damar, Plumbon Tengah, . PP Baitul Qowwam Plumbon, . PP. Al. Fathimiyyah Panggung, PP. Hidayatul Muttaqun, PP Al Husein, Krakitan. Adapun yang diberikan adalah bingkisan lebaran dan beras zakat fitrah yang semoga memberikan manfaat. 

Akhmad Mustaqim, S.Ag., MA selaku Kepala MAN 5 Sleman dalam sambutannya mengatakan “Saya berharap dengan pelaksanaan pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah ini dapat meningkatkan kesadaran seluruh guru dan siswa akan pentingnya zakat fitrah sebagai kewajiban seluruh umat Islam”.

Seperti yang sudah kita ketahui pembayaran zakat fitrah ini merupakan sebuah kewajiban bagi tiap-tiap umat muslim yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Selain untuk mensucikan diri setelah menunaikan ibadah dibulan Ramadhan zakat fitrah juga dapat dimaknai sebagai bentuk keperdulian terhadap orang yang kurang mampu. (nk)

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895