Berita

MAN 5 Sleman Sukses Gelar Kegiatan Pesantren Ramadhan 1445 H

Jumat, 05 April 2024 / Berita

Sleman–(MAN 5 Sleman) MAN 5 Sleman sukses mengadakan kegiatan pesantren ramadhan 1445 H untuk siswa kelas XI di ponpes Nailul ‘Ula yang beralamatkan di Jl. Plosokuning Raya No.81, Ploso Kuning III, Minomartani, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman. Dalam pelaksanaannya kegiatan ini berlangsung pada Senin (25/03/2024) hingga Kamis (28/03/2024) dimana terbagi menjadi 2 gelombang. Gelombang pertama pada Senin (25/03/2024) hingga Selasa (26/03/2024) untuk siswa kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2, XI MIPA 3 dan XI Keagamaan sejumlah 91 siswa Sedangkan gelombang kedua pada Rabu  (27/03/2024) hingga Kamis  (28/03/2024) untuk siswa kelas XI IPS 1, XI IPS 2 dan XI IPS 3 sejumlah 85 siswa

 

Sebelum berangkat Kepala MAN 5 Sleman, Akhmad Mustaqim, S.Ag., MA. memberikan arahan kepada siswa siswi untuk selalu menjaga nama baik MAN 5 Sleman lewat perkataan maupun perbuatan. “Siswa siswi sekalian harapannya dengan mengikuti pesantren ramadhan ini kalian akan bisa merasakan kehidupan di pesantren dengan berbagai rutinitasnya. Tentunya akan berbeda dengan rutinitas yang kalian jalani sehari-hari maka dari itu silahkan nanti bisa diikuti dengan baik, dinikmati karena ini akan menjadi pengalaman yang berharga bagi kalian. Tentunya jangan lupa untuk selalu mengindahkan arahan dari pondok. Dan tugas kalian juga menjaga nama baik almamter kalian melalui perkataan dan perbuatan yang baik”, terang Akhmad Mustaqim, S.Ag., MA

 

Rombongan berangkat dengan menggunakan armada bus, dan ketika sampai di pondok sebelum masuk area pesantren semua barang siswa-siswi di cek dan HP harus di kumpulkan. Dilanjutkan sengan sambutan dan penyematan tanda peserta.

Adapun kegiatan hari pertama yang dilakukan siswa selama pesantren ramadhan ini diantaranya pembiasaan sholat dhuha, pendalaman aqidah, pendalaman fiqh, tutorial AL Quran, mendapatkan beberpa materi terkait dengan islam kontekstual, AMT, dan diakhiri dengan muhasabah diri.

Untuk hari kedua kegiatan siswa adalah asmaul husna, tadarus, wisata religi, pendalaman akhlaq, diskusi panel dan diakhiri dengan pemutaran video dokumentasi.

 

Koordinatoor Keagamaan Muh. Sugimar Robitina, S.Pd menyampaikan bahwa seluruh siswa semangat dalam mengikuti kegiatan pesantren ramadhan ini. Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan pesantren ramadhan ini juga merupakan program Keagamaan yang dilakukan pada setiap tahunnya. Dimana banyak manfaat yang bisa diambil diantaranya meningkatkan pengetahuan agama islam, kebersamaan, dapat merasakan kehidupan sederhana di pesantren, menanamkan kemandirian siswa dan masih banyak lagi. (nk)

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895