Berita

Penuh Semangat Kebahagiaan Ramadhan! MAN 5 Sleman Adakan Dakwah bil Hal

Jumat, 22 Maret 2024 / Berita

 

Sleman—MAN 5 Sleman sebagai madrasah yang mengedepankan pendidikan keagamaan, dalam kegiatan bulan Ramadhan tahun ini mengadakan Dakwah bil Hal yaitu Pengiriman da’I daiyah ke wilayah masyarakat sekitar MAN 5 Sleman. Siswa siswi yang dikirim adalah anggota Rohis Lukmanul Hakim MAN 5 Sleman yang berjumlah 35 siswa, yang dibagi dalam beberapa kelompok. Siswa siswi tampak senang dan bersemangat melakukan kegiatan ini pada Kamis (21/03/2024).

Kepala MAN 5 Sleman, Akhmad Mustaqim, S.Ag., MA sangat mengapresiasi kegiatan dakwah bil hal ini. “Alhamdulillah dalam bulan suci ramadhan tahun ini MAN 5 Sleman kembali menerjunkan dai’ daiyah dari Rohis untuk terjun ke masyarkat sekitar yang tujuannya adalah melakukan dakwah dengan mengamalkan dan menyebarkan ilmu yang telah di dapat di madrasah”, terang Akhmad Mustaqim, S.Ag., MA.

 

Untuk pelaksanaannya yakni setiap habis sholat asar pukul 16.00 sampai dengan waktu berbuka. Kegiatan ini dilaksanakan pada rentang waktu 18-23/03/2024. Ada beberapa masjid yang menjadi kegiatan ini diantaranya Masjid Al Fattah ( Kadisono, Margorejo, Tempel, Sleman), Masjid Ilsadaum ( Medari Gede, Caturharjo, Sleman), Mushola Nurul Iman ( Plumbon Lor, Mororejo, Tempel, Sleman), dan Masjid Al Hikmah( Sedogan, Lumbung rejo, Tempel, Sleman), Masjid Darun ni’mah ( Nglebeng, Margorejo, Tempel, Sleman),

 

Kegiatan yang mereka lakukan sangat beragam dan menyenangkan diantaranya pendampingan kegiatan dakwah kepada anak anak TPA/TPQ di masjid atau mushola terkait, tahsinul qur’an, praktik ibadah, kesenian islami, permainan permainan edukasi, dan membantu program program yang sudah berjalan di mushola atau masjid terkait. Mereka didampingi oleh guru pembimbing keagamaan yakni, Bapak Wahyudi. S.Pd, M.Pd, Ibu Siti Aminah, S.Pd, Ibu Siti Aminah, S. Ag., Ibu Intarni Kunlistyani, S.Pd, Ibu Mudrikah, M.Pd.I, Bapak Drs. Sumarlan, Bapak Tumiran, S.Pd, Ibu Anna Kusmiyana, S.Pd.

Koordinator Keagamaan, Muh Sugimar Robitina, S.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk latihan pengabdian di tengah tengah masyarakat. Ia jua menambahkan kegiatan ini seklaigus sebagai syiar agama Islam dan syiar madrasah di tengah tengah masyarakat. serta melatih soft skill siswa dalam terjun di lapangan bersama rmasyarakat langsung. .

 

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895