Berita

Rayakan Milad ke-27, MAN 5 Sleman Gelar berbagai Acara Meriah

Selasa, 05 Maret 2024 / Berita

Sleman (MAN 5 Sleman) - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 Sleman merayakan ulang tahunnya yang ke-27 yang akan jatuh pada tanggal 17 Maret dengan penuh semangat dan keceriaan. Dari tanggal 4 Maret hingga 5 Maret, rangkaian kegiatan meriah telah diselenggarakan untuk memperingati peristiwa bersejarah ini.

Tahun, ini perayaan ulang tahun madrasah mengambil tema Merdeka Berkarya, Meraut Cinta Budaya. Pada hari pertama perayaan dimulai dengan senam sehat ceria untuk memulai hari dengan penuh semangat. Tak hanya itu, pemilihan duta MAN 5 Sleman juga dilaksanakan untuk menemukan sosok-sosok yang akan menjadi duta yang membanggakan madrasah ini. Lomba tumpeng dan lomba membuat video ucapan HUT menjadi ajang kreativitas bagi seluruh siswa, sementara bersih-bersih lingkungan menjadi bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Pada hari kedua, Selasa 05 Maret 2024: perayaan HUT dimulai dengan Muqoddaman 30 Juz. Kemudian, acara seremonial perayaan HUT diadakan dengan kehadiran para pejabat dari Kementerian Agama, termasuk Kepala Kantor Wilayah Kemenag DIY, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sleman, mantan kepala madrasah, muspika, komite, dan beberapa tamu undangan lainnya. Acara seremonial dilaksanakan di lapangan selatan di depan gedung baru workshop keterampilan, sekaligus tasyakuran atas diresmikannya gedung megah tersebut. 

 

Kakanwil Kemenag DIY memotong tumpeng  kemudian diberikan kepada Kepala Madrasah, Akhmad Mustaqim, S.Ag., M.A. Dalam pesannya, beliau memberikan arahan kepada seluruh keluarga besar MAN 5 Sleman untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan. Kakanwil menekankan pentingnya madrasah yang membanggakan secara fisik, kecakapan dalam membaca Al-Qur'an, pemahaman teknologi informasi, dan inovasi. “Masyarakat menunggu kiprah nyata dari madrasah, tingkatkan skill, prestasi,  setelah lulus bisa melanjutkan ilmu di perguruan tinggi, atau bekerja, baru berkeluarga.” Pesannya kepada para siswa MAN 5 Sleman. 

Beliau juga menyampaikan harapan bahwa MAN 5 Sleman dapat menjadi contoh bagi generasi muda dalam mengembangkan keterampilan dan keahlian, serta mempersiapkan diri untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi dan berkarir di dunia kerja, apalagi sudah diberikan fasilitas gedung baru SBSN khusus untuk keterampilan. Usai pemotongan tumpeng, Bapak Kakanwil juga sempat mengunjungi Perpustakaan Amarta untuk melihat koleksi buku dan hasil karya siswa-siswi MAN 5 Sleman dan memberikan testimoni.

Perayaan semakin meriah dengan penampilan peragaan busana siswa keterampilan Tata Busana yang memperagakan busana Muslimah modern buatan mereka. Penampilan band dari siswa dan guru pun turut menyemarakkan acara milad.

Perayaan ulang tahun yang ke-27 ini tidak hanya menjadi momen untuk bersenang-senang, tetapi juga sebagai ajang untuk merenungkan perjalanan MAN 5 Sleman selama ini dan mempersiapkan langkah-langkah untuk masa depan yang lebih gemilang. (fat)

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895