Berita

Mujahadah, Parenting, dan Motivasi Menyongsong Ujian Kelas XII MAN 5 Sleman

Sabtu, 02 Maret 2024 / Berita

Sleman (MAN 5 Sleman) Sabtu, 2 Maret 2024, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 Sleman menyelenggarakan acara penting yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa kelas XII menghadapi ujian. Acara ini mengundang tidak hanya siswa kelas XII dan guru karyawan, tapi juga beserta orang tua mereka.

Acara dimulai pada pukul 07.30 dengan sesi Mujahadah, sebuah kegiatan spiritual yang menjadi bagian penting dalam persiapan menghadapi ujian. Siswa dan semua peserta diajak untuk merenungkan, memperbaiki diri, serta meminta dukungan dan petunjuk dari Allah dengan lantunan doa ratibul hadad yang dipimpin oleh Koordinator Keagamaan, M. Sugimar Robitina,S.Pd. 

Kepala Madrasah, Akhmad Mustaqim, S.Ag., M.A., menyampaikan harapannya bahwa acara ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi persiapan siswa dalam menghadapi ujian kelulusan. “Semoga para siswa kelas XII siap menghadapi asesmen dan menjadi pribadi yang kuat dan hebat untuk menyambut kehidupan pascakelulusan, baik yang melanjutkan perguruan tinggi atau bekerja.” Ia juga mengingatkan kepada para orang tua untuk selalu mendoakan yang terbaik untuk anak-anaknya. 

Sesi berikutnya adalah Parenting dan Motivasi siswa kelas XII menghadapi Ujian, dipimpin oleh motivator hebat Drs. Suratno, MM., yang akrab disapa Ratno Ohara. Dalam sesi ini, para orang tua dan siswa diajak untuk mendiskusikan tentang pentingnya dukungan keluarga dalam menyukseskan ujian, serta strategi motivasi yang dapat diterapkan oleh orang tua untuk mendukung anak-anak mereka. Ratno Ohara memberikan tips dan trik yang berguna bagi siswa untuk meningkatkan motivasi dalam menghadapi ujian. “Pendidikan yang baik dari seorang tua kepada anaknya tidak menuntun, tapi memberi contoh. Memberi teladan lebih baik dari pada terus-terusan memanjakan anak.” Ungkapnya di hadapan para orang tua dan siswa. Ketika sesi minta maaf siswa dengan orang tuanya, para peserta seminar menumpahkan air mata haru. 

Acara berlangsung dengan lancar dan diikuti dengan antusias oleh semua peserta, baik siswa, orang tua, maupun para guru dan pegawai MAN 5 Sleman. Agenda seperti ini merupakan bentuk komitmen MAN 5 Sleman dalam memberikan dukungan dan pembinaan yang holistik bagi siswa, tidak hanya dari segi akademis tetapi juga dalam pengembangan karakter dan kesiapan mental. Semoga semua siswa dapat menghadapi ujian dengan percaya diri dan sukses menyongsong masa depan. (fat)

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895