Berita

Jelang Pendaftaran SNBP 2024, Tim BK MAN 5 Sleman Adakan Sosialisasi dan Penguatan Komitmen Siswa Eligible

Kamis, 15 Februari 2024 / Berita

Sleman (MAN 5 Sleman) – MAN 5 Sleman melaksanakan kegiatan penguatan komitmen siswa yang memenuhi syarat (eligible) dalam rangka persiapan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) pada Selasa (13/02/2024). Acara ini berlangsung di ruang AVA MAN 5 Sleman, diikuti oleh 69 siswa eligible dari tiga jurusan yakni MIPA, IPS dan Keagamaan. Didampingi oleh 3 guru Bimbingan Konseling (BK) MAN 5 Sleman acara berlangsung daari pukul 10.15-12.00 WIB. Ketiga guru BK tersebut adalah Drs. Sumarlan, Nur Kasanah, S.Kom.I dan Dwi Rahayu Ningsih, S.Pd.

Drs. Sumarlan sebagai guru BK senior menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesiapan siswa menghadapi SNBP. Drs. Sumarlan juga menyampaikan harapannya supaya tahun ini yang lolos SNBP dapat meningkat. “Untuk bisa sampai pada tahap Eligible ini sebelumnya dari Tim BK memulai dengan pendataan nilai siswa dari semester 1 hingga semester 5, yang menjadi dasar pertimbangan dalam proses seleksi SNBP. Selanjutnya diambil 40% terbaik dari urutan rata-rata nilainya. Setelah itu paada minggu ke 3 dan ke 4 mereka sudah membuat akun SNBP didampingi oleh guru BK. Semoga nantinya jumlah siswa yang diterima meningkat”, terang Drs. Sumarlan.

Waka Kurikulum, Musfiroh, S.Pd., M.Pd juga memberikan sambutan dalam acara tersebut. Musfiroh menyampaikaan bahwa anak anak harus pandai membaca peluang. “Anak-anak untuk meraih sukses kita tidak perlu melihat gengsi (mengambil prodi yang terlihat keren) silahkan nanti tetap dipertimbangka kepada orang tua dan kalian harus mengidentifikasi potensi, kekuatan, dan kelemahan mereka dalam menghadapi seleksi. Harus pandai membaca peluang”, jelas Musfiroh, S.Pd., M.Pd

Seluruh siswa yang hadir juga mendapatkan materi tentang tips dan trik lolos SNBP dan penjelasan mendalam terkait SNBP oleh Dwi Rahayu Ningsih, S.Pd. “Anak-anak silahkaan nanti sebelum finalisasi kalian harus memperbanyak literasi dulu, jangan tergesa-gesa dalam mengabil keputusan”,  tegasnya. Sedangkan Nur Kasanah, S.Kom.I memberikan informasi terkait dengan KIP Kuliah dan kaitannya dalam pendaftaran SNBP 2024 ini. Selanjutnya mereka dibagikan surat komitmen SNBP 2024 yang harus ditanda tangani siswa dan orang tua. 

Nur Kasanah, S. Kom.I  selaku koordinator guru BK MAN 5 Sleman menyampaikan harapannya, “Harapan kami melalui kegiatan penguatan komitmen ini, jumlah siswa yang berhasil lolos SNBP 2024 dapat meningkat dari pencapaian tahun lalu. Target kami adalah melampaui pencapaian tahun lalu mencapai target 15-30% dari jumlah siswa yang ikut serta,”terang Nur. Tindak lanjut kegiatan ini kedepan tim  BK MAN 5 Sleman berkomitmen untuk memberikan bimbingan khusus terhadap siswa yang mengikuti SNBP. Guru BK akan memberikan bimbingan intensif kaitannya dengan minat bakat siswa, saran dan solusi untuk pemilihan jurusan, sera dukungan psikologis agar siswa mantap dan yakin mengikuti seleksi SNBP 2024 ini. (nk)

 

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895