Berita

Peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad MAN 5 Sleman: Momen untuk Mengingat Sholat

Rabu, 07 Februari 2024 / Berita

Sleman (MAN 5 Sleman) Sebagai wujud moderasi beragama,  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 Sleman menggelar acara pengajian Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW dengan tema "Tingkatkan Iman dan Takwa dengan Semangat Isra' Mi'raj". Acara yang diadakan pada Rabu, 07 Februari 2024, mulai pukul 08.30 hingga 11.30 WIB, berlangsung meriah di aula dan mushola MAN 5 Sleman.

Peserta dari berbagai kalangan, termasuk seluruh siswa, guru, dan karyawan, turut memeriahkan acara ini. Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan yang diselenggarakan oleh MC Ali dan Syifa, diikuti dengan sambutan hangat dari Kepala Madrasah, Akhmad Mustaqim, S.Ag., M.A.

Puncak acara terasa semakin dekat dengan penampilan hadroh yang memukau dari Alfa Salam MAN 5 Sleman dengan alunan solawat, memberikan hikmah dan khidmat dalam suasana pengajian. Kemudian, Mauidzoh Hasanah disampaikan oleh K.H. R Abdul Haris Hamid dari Wonokromo Pleret Bantul DIY, menyoroti pentingnya meningkatkan iman dan takwa, mempererat silaturahmi siswa dan guru, serta menambah wawasan keislaman.

Dalam sambutannya, Kepala Madrasah, Akhmad Mustaqim, S.Ag., M.A., mengingatkan para siswa tentang etika seorang siswa, antara lain menjaga sikap diam ketika guru berbicara dan tidak bersuudzon kepada guru. Ia juga menekankan pentingnya mendengarkan tausiyah serta merenungkan peristiwa Isra' Mi'raj sebagai pengingat akan kewajiban solat lima waktu.

Ceramah yang disampaikan oleh K.H. R Abdul Haris Hamid menggugah hati para siswa tentang pentingnya cinta pada Nabi Muhammad SAW. "Tiada cinta yang abadi dan tulus kecuali cinta nabi kepada para umatnya," ujarnya. Para siswa pun bersholawat bersama sebagai ungkapan cinta kepada Nabi. Isra' Mi'raj dijadikan sebagai peringatan kepada manusia untuk taat dalam menjalankan solat, sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah.

Muhammad Wafi, ketua Rohis Luqmanul Hakim MAN 5 Sleman menyampaikan bahwa pengajian ini sebagai salah satu agenda rutin dari Rohis dalam kegiatan PHBI. “Semoga menambah cinta pada agama kita.” tuturnya. 

Acara pengajian Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW ini tidak hanya memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang agama, tetapi juga menginspirasi seluruh peserta untuk menjalankan kehidupan dengan semangat keislaman yang kokoh. Semoga pesan-pesan kebaikan dari acara ini dapat terus menggelora dalam hati setiap individu yang hadir. (fat)

 

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895