Berita

Unjuk Minat Wirausaha Siswa, MAN 5 Sleman Gelar Market Day

Kamis, 21 Desember 2023 / Berita

Sleman—(MAN 5 Sleman) OSIS PRIMA MAN 5 Sleman gelar Market Day, Selasa (19/12/2023). Market day ini diadakan di lapangan selatan diikuti oleh 21 kelas. Masing-masing kelas mendapat jatah stand. Market day merupakan kegiatan untuk menunjukkan bakat berwirausaha siswa. Para siswa  menjual berbagai hasil karya peserta didik utamanya dalam hal kreasi makanan dan minuman. Sebagai madrasah plus keterampilan, dimana salah satu keterampilan yang ada di MAN 5 Sleman adalah keterampilan tata boga. Marketday ini membantu siswa untuk mengekspresikan diri, bekerjasama dan unjuk kreatifitas.

Kepala MAN 5 Sleman, Akhmad Mustaqim, S.Ag, MA menyampaikan bahwa Market Day ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendidik peserta didik mengembangkan jiwa entrepreneur sekaligus penguatan karakter siswa bermental wirausaha. Manfaat kegiatan Market Day diantaranya melatih siswa mandiri dan kreatif, melatih siswa percaya diri, melatih kemampuan siswa dalam berinteraksi dengan sesama, melatih siswa untuk jujur serta melatih siswa untuk unggul dan produktif.

Penngampu Keterampilan Tata Boga, Eka Widyaningsrum, S.Pd menjelaskan bahwa produk dari anak -anak secara keseluruhan sudah layak jual. Eka menyampaikan dalam marketday ini anak-anak menjual makanan Asian and traditional food and Beverage. Adapun beberapa produk yang dijual siswa diantaranya, rice bowl, sushi, nasi cokot, bakso mercon, batagor, cilor, sphagetti, risol mayo, macaroni schirtel dll. , pudding, tiramisu cake, jasuke, lumpia dan piscok. Sedangkan untuk minumannya juga beragam seperti es kuwut, es lumut coklat sampai es the jumbo. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan marketday ini, anak anak kreatif punya wawasan luas menu Asia dan tetap menghadirkan masakan tradisional, rasanya juga sudah masuk, packingnya juga rapi dan bagus. Harga juga wajar dipasaran. Semuanya sudah layak jual”, terang Eka Widyaningsrum, S.Pd.

Salah satu siswa, Nabila XII MIPA 2 mengaku mendapat untuk 50 % dalam kegiatan ini. “Alhamdulillah di market day kali ini modal awal kelas saya 240 ribu dan setelah kita hitung dapat untung 120 ribu” terang Bila sapaan akrabnya. (nk)

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895