Berita

MAN 5 Sleman Jadi Tuan Rumah dalam Upacara Peringatan HGN 2023

Kamis, 07 Desember 2023 / Berita

SLEMAN (MAN 5 Sleman) -- Peringatan Hari Guru Nasional dibuat untuk mengapresiasi kerja keras para guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Hari Guru Nasional ditetapkan berdasarkan keputusan presiden pada tahun 1994. Tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Peringatan tersebut sebagai wujud penghormatan dan penghargaan terhadap peran penting para pendidik dalam membentuk karakter dan membimbing generasi muda.

Dalam kesempatan Hari Guru Nasional 2023 kali ini MAN 5 Sleman menjadi tuan rumah dalam upacara peringatan HGN ke 78 se-Kapanewon Tempel. Bapak/ Ibu guru MAN 5 Sleman mengikuti upacara peringatan HGN dengan suka cita, Sabtu (25/11) bertempat di Lapangan madrasah setempat.

Upacara yang dimulai pukul 07.30 dan berlangsung hingga 09.00 WIB ini berlangsung dengan khidmat dan penuh semangat kebangsaan. Sebagai pembina upacara, hadir Panewu Tempel, yang memimpin jalannya upacara dengan tegas namun penuh penghormatan terhadap nilai-nilai nasional. Beliau membacakan sambutan dari Ketua Umum Pengurus Besar PGRI, Prof. Dr.Unifah Rosyidi, M.Pd dimana secara garis besar beliau menyampaikan beberapa hal. Diantaranya dalam proses pendidikan, guru menjadi aktor utama dan penting yang memaikan peran strategis. Kedudukan terhormat yang dimiliki para pejabat di lembaga legislatif maupun eksekutif, tentu tidak terlepas dari peran dan jasa guru. Pascapandemi hikmah terpenting yang dapat dipetik adalah peran guru tidak akan pernah tergantika teknologi. Guru merupakan profesi yang menjadi suluh terbaik agar anak bangsa dapat terus berjalan menuju arah yang mereka cita-citakan. Selain itu PGRI terus berkomitmen dalam memperjuangkan nasib para guru dan tenaga kependidikan honorer di bawah Kemendikbudristek dan Kemenag. PGRI juga memohon kepada Pemerintah tetap memberikan Tunjangan Profesi Guru (TPG), dan memberikan kesempatan luas bagi guru untuk mengikuti sertifikasi guru dalam jabatan yang berkeadilan sesuai dengan amanat UU Guru dan Dosen.

Kepala MAN 5 Sleman, Akhmad Mustaqim, S.Ag., M.A., menyatakan, "Alhamdulillah MAN 5 Sleman ditunjuk sebagai tuan rumah dalam Upacara Peringatan HGN tahun 2023, semua berjalan dengan lancar dan penuh semarak”, terang Akhmad Mustaqim, S,Ag., MA.

Dalam kesempatan itu guru MAN 5 Sleman Eni Masrifah, S.Ag juga bertugas sebagai MC jalaannya upacara. Diakhir sesi upacara ada sesi pemberian reward kepada guru-guru yang berprestasi pada semua jenjang pendidikan. (Nk)

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895