Berita

MAN 5 Sleman Gelar ASAS dan PAS 1 Tahun Ajaran 2023/ 2024

Kamis, 07 Desember 2023 / Berita

Pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) untuk kelas X, serta Penilaian Akhir Semester (PAS) untuk kelas XI dan XII Semester 1 MAN 5  Sleman dimulai sejak Selasa, (28/11/2023). Dan kedepan akan berakhir pada Selasa, (12/12/2023). Pada Asesmen Sumatif Akhir Semester dan Penilaian Akhir Semester menggunakan aplikasi Jogja Madrasah Digital (JMD) yang di instal di HP peserta didik. Hal ini tentunya sangat sesuai dan menunjang kualitas pendidikan menuju digitalisasi madrasah.

Dalam pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Semester dan Penilaian Akhir Semester dengan mengguanakan Jogja Madrasah Digital (JMD) tersebut berjalan dengan cukup lancer, meskipun terdapat beberapa kendala. Dengan menggunakan JMD dapat meminimalisir kecurangan. Setiap hari dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama dimulai pukul 07.30 s/d 09.00 WIB. Untuk sesi kedua dimulai pukul 09.30  s/d 11.00 WIB. Selain itu, waktu yang tersedia dapat digunakan secara maksimal karena perhitungan waktu juga terlihat dalam tampilan aplikasi. Selain itu hasil penilaian secara cepat dan akurat, sehingga meringankan tugas guru dalam memberikan penilaian. Bagi siswa yang berhalangan hadir harus menghubungi guru mapel masing-masing untuk minta di settingkan waktu pelaksanaan susulan.

Kepala MAN 5 Sleman, Akhmad Mustaqim, S.Ag., MA. menyampaikan tanggapanya. “Assesmen Sumatif Akhir Semester dan Penilaian Akhir Semester dilakukan secara daring di kelas dan diawasi guru pengawas. Penggunaan Jogja Madrasah Digital (JMD sebagai wujud mandatori Kementerian Agama dalam transformasi digitalisasi maddrasah,” terang Akhmad Mustaqim, S.Ag., MA.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Kepala Madrasah Urusan Kurikulum, Musfiroh, S,Pd., M.PD menyampaikan bahwa Asesmen Sumatif Akhir Semester dan Penilaian Akhir Semester wajib dilaksanakan di madrasah. “Semua peserta didik wajib mengikuti ASAS dan PAS di madrasah. Jika ada yang sakit atau bolos maka dari Tim IT akan menyetting untuk diberikan jadwal susulan berikutnya. Memang dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala, harapannya kedepan dari pihak JMD terus mengadakan perbaikan supaya pelaksanaan semakin bagus dan efisien”, terang Musfiroh, S.Pd., M.Pd. Ia juga menambahkan bahwa dalam pelaksanaan ASAS dan PAS menekankan kejujuran dari siswa-siswinya. Kejujuran akan membawa pada Keselamatan.

 Utamakan Kejujuran (nk)

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895