Berita

Perdana! MAN 5 Sleman Gelar Pelatihan Entrepreneurship Tahun Ajaran 2023/ 2024

Rabu, 15 November 2023 / Berita

MAN 5 Sleman menggelar pelatihan Entrepeneur untuk siswa kelas XII pada Selasa, (14/11/2023) di Ruang AVA. Kegiatan ini diikuti oleh peserta sejumlah 52 siswa kelas XII dari MIPA, IPS dan Keagamaan.

Dalam sambutannya Kepala MAN 5 Sleman menyampaikan bidikan kegiatan ini adalah untuk siswa-siswi kelas XII yang memutuskan untuk bekerja dan berwirausaha selepas lulus dari MAN 5 Sleman.

“Anak-anak silahkan keterampilan yang sudah kalian miliki selama 3 tahun di MAN 5 Sleman nantinya bisa diasah, dikembangkan dalam kehidupan nyata. Nabi kita Muhammad SAW menjelasakan dalam sebuah hadist bahwa sembilan dari sepuluh pintu rezeki ada dalam perdagangan/ berwirausaha”, jelas Akhamd Mustaqim, S.Ag., MA

Selanjutnya ia memeberikan araha kepada ppeserta bahwa dalam wirausaha itu berawal dari proses -proses kecil dan harus siap sekaligus mampu melewati tantangan. Selain itu juga harus dibarengi dengan kreatifitas dan inovasi yang mengikuti perkembangan zaman. Lebih lanjut Akhmad Mustaqim, S,Ag., MA menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah agar mereka siswa-siswi yang memiliki keputusan berwirausaha dan bekerja, setelah lulus dari MAN 5 Sleman adalah mereka benar-benar siap dan mampu  untuk berwirausaha dan bekerja baik di daerah, dalam negeri maupun luar negeri.

Ada 3 pemateri yang menjadi narasumber, pemateri pertama dari Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Sleman tentang Sosialisasi Ketenagakerjaan dan Dunia Kerja. Dalam kegiatan pelatihan enterpreneurship para peserta juga dibekali dengan pengetahuan terkait tata cara, syarat dan alur mencari pekerjaan secara legal mengingat banyak warga yang terjebak dalam kasus perekrutan tenaga kerja ilegal. Pemateri kedua dari Dinas Koperasi Kabupaten Sleman memberikan materi tentang Pembekalan Entrepeneurship. Ketiga yakni Kisah Pengusaha Muda Sukses dari UKM Kab. Sleman.

Koordinator Keterampilan MAN 5 Sleman, Titik Susilowati, S.Pd menegaskan bahwa kegiatan ini baru tahun ini diadakan dan memberikan banyak manfaat. “Pelatihan ini baru pertama kali diadakan dan sangat membantu untuk anak-anak keterampilan khususnya dan yang mau bekerja karena meskipun sudah ada kegiatan kunjungan industri, PKL, Teori dan Praktek dari madrasah pelatihan ini menambah ilmu dan wawasan terupdate tentang kewirausahaan dan dunia kerja. Selain itu peserta tahu langsung dari sumber profesionalnya. Beberapa bahasan yang disampaikan selain pengalaman dan kunci sukses berwirausaha dari narsum, juga  dijelaskan bagaimana mengawali untuk menjadi wirausahaan sukses, bekerja secara legal baik di dalam negeri maupun luar negeri. Anak-anak terfasilitasi dan mereka sangat antusias, harapannya kedepan bisa menjadi program setiap tahunnya”, terang Titik Susilowati, S.Pd.

Nadjwa Salabila XII MIPA 3 menyampaikan bahwa ia senang dalam mangikuti pelatihan ini. “Saya sangat senang mengikuti pelatihan ini karena bisa sharing -sharing dengan para pelaku usaha secara langsung dan mendapat ilmu dan tips-tips sukses berwirausah”, terang Icha sapaan akrabnya. Ia menjelaskan bahwa ia sendiri sudah memulai usahanya dalam bisnis ikan hias. Ia mengaku sudah memulai usahanya sejak masa pandemi Covid pada tahun 2020 dan bisa bertahan sampai sekarang. Cita-citanya adalah memiliki usaha ikan hias yang lengkap dan menjadi rekomendasi nomor satu di Kabupeten Sleman.

Seluruh rangkaian acara berakhir pada pukul 15.00 WIB. (nk)

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895