Berita

Potret Bakat dan Minat Siswa, MAN 5 Sleman Gelar ABM Tahun 2023

Selasa, 07 November 2023 / Berita

SLEMAN (MAN 5 SLEMAN) - Senin, 6 November 2023 hingga Selasa, 7 November 2023, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 Sleman melaksanakan Asesmen Bakat Minat (ABM) secara online untuk siswa kelas XII. Asesmen Bakat Minat ini dimaksudkan untuk mengukur potensi siswa pada tujuh aspek kemampuan (verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mrkanik, penggunaan bahasa, dan klerikal) serta minat pada kegiatan atau bidang pekerjaan tertentu.

Sebanyak 169 peserta dari kelas XII mengikuti asesmen ini dan terbagi dalam 2 hari. Hari pertama 86 siswa, hari kedua sebanyak 83 siswa. Pelaksanaan asesmen dibagi menjadi dua sesi setiap harinya untuk memastikan semua peserta dapat mengikuti ujian dengan lancar. Sesi pertama dimulai pukul 07.30 hingga 10.00 WIB, diikuti oleh sesi kedua dari pukul 10.30 hingga 13.00 WIB dimana menggunakan Lab. Komputer 1 dan Lab. Komputer 2.

Sebelum pelaksanaan asesmen Waka Kurikulum, Musfiroh S.Pd., M.Pd memberikan motivasi kepada siswa. “Anak-anak ABM ini merupakan pertama kali dilakukan, silahkan soal soalnya nanti dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Hasil dari asesmen ini diharapkan dapat memberikan gambaran/ potret yang akurat mengenai kemampuan siswa dalam berbagai kompetensi yang diujikan dan tentunya dapat membantu kalian dalam memetakan pilihan perencanaan karir”, terang Musfiroh, S.Pd., M.Pd.

Kepala MAN 5 Sleman, Akhmad Mustaqim, S.Ag., M.A., mengungkapkan bahwa asesmen ini diharapkan dapat membantu siswa kelas XII untuk mengenal potensi dan minat diri sebagai alat refleksi sehingga penyesuaian terhadapa tujuan, perencanaan karir dan studi lanjut dan cita-cita pada program studi atau bidang pekerjaan tertentu dapat dilakukan lebih terarah.

Salah satu peserta, siswi bernama Rima Nabila, mengaku merasa senang dengan pelaksanaan asesmen ini. "Alhamdulillah, pelaksanaan asesmen berjalan lancar dan tanpa kendala," ujarnya.

Dengan kerjasama tim yang baik serta dukungan dari para peserta dan staf madrasah, Asesmen Bakat Minat di MAN 5 Sleman sukses dilaksanakan, memberikan pengalaman berharga dalam mengukur kompetensi siswa secara efektif. Rahmat Nugroho, S.Kom. selaku proktor menyampaikan bahwasanya siswa-siswi sudah siap karena suah mengikuti simulasi. “Sebelum pelaksanaan hari ini anak anak sudah mengikuti simulasi ABM yang dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis (1-2/11) jadi mereka sudah tau teknis mengerjakannya dan sudah paham jika ada kendala harus bagaimana”, terang Rahmad Nugroho, S.Kom. (nk)

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895