Berita

Jadi Pribadi Tangguh, Siap Gapai Cita! MAN 5 Sleman Gelar AMT Kelas XII

Senin, 23 Oktober 2023 / Berita

Sleman-(MAN 5 Sleman) Bersama dengan mahasiswa PPL dari UII (Universitas Islam Indonesia), MAN 5 Sleman sukses Gelar AMT kelas XII sejumlah 169 siswa, Rabu (18/10/2023) pukul 09.00 WIB di Aula madrasah setempat. AMT kali ini membawa tema “Menjadi Pribadi Tangguh dan Meningkatkan Motivasi untuk Menggapai Cita-Cita”.

Dalam sambutannya, Waka Kurikulum Musfiroh, M.Pd. menyampaikan arahannya. “Anak anak kelas 12 AMT ini adalah salah satu cara menignkatkan motivasi kalian kedepan. Kedepan kalian sudah mulai menentukan Langkah untuk perencanaan karir kalian sendiri. Bertanggungjawab dengan keputusan kalian. Silahkan mengkuti AMT dengan baik supaya kalian mandapat keberkahan dan manfaat untuk bekal hidup kalian nantinya”, terang Musfiroh, M.Pd.

Dalam kesempatan kali itu narasumber, Moh. Mizan Habibi, S.Pd.I., M.Pd.I dosen PAI dari UII mengajak siswa siswi untuk mengetahui keadaan dunia saat ini, tantangannya kedepan dan bagaimana solusi yang bisa diambil.

Dalam kesempatan kali itu narasumber menyampaikan tantangan masa depan diantaranya Keadaan dunia di masa depan diantaranya Volatility (perubahan sangat cepat, sulit diprediksi), Uncertainty (makin tidak pasti), Complexity (makin rumit) dan Ambiguity (makin tidak jelas). Dimana ada 3 kunci untuk melaluinya yakni pertama adalah rajin bersyukur, kurangi ngeluh. Kedua matang berfikir dan bertindak, menolak instan dan ketiga terus adaptif dan rensponsif, anti mager.

Beliau juga memberikan jenis jenis wawasan cara pandang terhadap perubahan dunia masa depan. Diantaranya Cara pandang inderawi (awwam): Kecendrungan sikapnya langsung diterima saja  dan berbagai informasi dengan emosi). Cara pandang ilmiah (berilmu): Kecenderungan sikap menggunakan teori , menyaring informasi, berbagi informasi dengan hati-hati, senang mengembangkan diri dan senang belajar. Dan terakhir adalah cara pandang yang diharapkan yakni Cara pandang ilahiyah (Berilmu dan beriman) dimana seseorang memiliki kecenderungan sikap untuk  menggunakan teori, menyaring informasi, berbagi informasi dengan hatihati, senang mengembangkan diri, senang belajar, senang mujahadah/ mendekatkan diri kepada Allah.

Seluruh siswa kelas 12 sangat antusias dalam mengikuti kegiatan AMT ini. Diakhir sesi ada pembagian hadiah bagi siswa yang aktif. Seluruh rangkaian acara berakhir pukul 11.30 WIB. (nk)

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895