Berita

Bangga Jadi Santri! MAN 5 Sleman Gelar Apel Hari Santri 2023

Senin, 23 Oktober 2023 / Berita

Sleman-- (MAN 5 Sleman) - Dalam rangka memperingati Hari Santri 2023 yang jatuh pada hari Ahad (22/10/2023) MAN 5 Sleman mengadakan apel di halaman depan madrasah, diikuti oleh seluruh siswa, guru dan pegawai dengan mengenakan pakaian bernuansa putih. Adapun tema Hari Santri 2023 tahun ini adalah Jihad Santri Jayakan Negeri.

Dalam apel Hari Santri ini selain menyanyikan lagu Indonesia Raya, peserta apel juga menyanyikan Lagu Mars Hari Santri dan Mars Syubbanul Wathan.

Apel Hari Santri 2023 MAN 5 Sleman dipimpin oleh Waka Kurikulum, Musfiroh, M.Pd. Dalam  amanatnya ia mengajak seluruh peserta apel untuk menyimak Amanat Pemimpin Apel Hari Santri oleh Presiden Joko Widodo yang dipusatkan di Tugu Pahlawan Surabaya melalui streaming.

Dalam amanatnya Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo menyampaikan santri adalah salah satu pilar kekuatan bangsa, pondasi kesatuan dan kokohnya bangsa. Hal itu sudah terbukti sejak zaman perjuangan kemerdekaan, dimana santri berkontribusi dalam melawan dan mempertahankan kemerdekaan. “Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Indonesia memiliki lebih dari 36.000 Pondok Pesantren. Jumlah tersebut menjadi sebuah kekuatan besar penentu masa depan bangsa, penentu lompatan kemajuan bangsa juga penentu keberhasilan cita-cita bangsa”, terang Presiden Jokowi.

Selanjutnya Presiden Jokowi menuturkan bahwa, penentuan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri merujuk pada seruan Resolusi Jihad dari KH. Hasyim Asy'ari selaku Rais Akbar PBNU waktu itu. Dalam naskah resolusi jihad tersebut, KH. Hasyim Asy'ari menyampaikan bahwa melawan hukumnya fardhu ain (wajib), dan tewas meninggal berperang melawan penjajah itu adalah mati syahid.

Seluruh rangkaian apel berakhir pada pukul 08.15 WIB (nk)

 

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895