Berita

MAN 5 Sleman Adakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023

Selasa, 10 Oktober 2023 / Berita

 

Sleman (MAN 5 Sleman) – Ahad (1/10/23) seluruh Civitas akademika MAN 5 Sleman menyelenggarakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila  tahun 2023 dengan tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”.
Upacara dilaksanakan di halaman depan madrasah mulai pukul 07.00 – 08.00 WIB, diikuti oleh peserta didik  kelas X, XI, XII dengan mengenakan pakaian putih abu-abu. Sedangkan bapak ibu guru dan pegawai mengenakan pakaian KORPRI. Dimana inspektur upacara adalah Kepala MAN 5 Sleman, Akhmad Mustaqim, S.Ag., MA.

Petugas dalam upacara ini merupakan siswa-siswa yang berasal dari OSIS PRIMA MAN 5 Sleman. Bertindak sebagai pemimpin upacara Melani Aprilia (XI IPS 3), plenton inti Gavinas (XI MIPA 1), Anom  (XI MIPA 1), Muhammad Naufal (XII IPS 2), pembawa Naskah Pancasila David Andika (XI MIPA 1), pengatur upacara Salma Azzahra (XI IPS 2), pembawa acara Sabrina Khoirunnisa (XI IPS 3), pembaca Naskah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Geffi Sagita  (XII IPS 2), pembaca doa Maulida (XI Keagamaan), dan Shuja Keira (XI MIPA 3).
Akhmad Mustaqim, S.Ag, MA. sebagai inspektur upacara membacakan Ikrar Kesaktian Pancasila. Dimana ada beberapa point penting yang disampaikan. Pertama, mulai darI Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia mengalami banyak rongrongan baik dalam maupun luar negeri. Kedua, rongrongan dimungkinkan akibat dari kelengahan, kekurangwaspadaan terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila. Ketiga, semangat kebersamaan yang dilandasi nilai-nilai luhur ideologi Pancasila bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh NKRI. Pada peringatan hari Kesaktian Pancasila ini bangsa Indonesia bertekad Bersama untuk membulatkan tekad memperkokoh dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.
Dengan adanya Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini diharapkan mampu membangkitkan rasa nasionalisme dan semangat pemuda pembelajar dalam mengoptimalkan segala kemampuan untuk memajukan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Seluruh rangkaian upcara berjalan dengan lancer dan khidmad. (nk)

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895