Berita

Tingkatkan Minat baca Siswa! Perpustakaan Amarta MAN 5 Sleman Padukan Literasi dan Digitalisasi.

Selasa, 10 Oktober 2023 / Berita


MAN 5 Sleman- Perpustakaan Amarta mengadakan kegiatan Senin Literasi, Senin (9/10/2023). Siswa yang mengikuti kegiatan ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 197 siswa. Siswa meminjam salah satu dari koleksi buku yang sudah disediakan perpus. Selanjutnya siswa mengidentifikasi pesan atau amanat apa yang disampaikan dari cerita tersebut. Setelah mengetahui pesan, siswa membuat info grafisnya dengan menggunakan aplikasi Canva/ CapCut/ Kinemaster. Melalui kegiatan ini, kreatifitas siswa akan terlihat. Setelah membuat info grafis dari aplikasi tersebut siswa diminta mengupload ke link yang sudah disediakan. 
Literasi siswa ini merupakan kegiatan rutin setiap senin pekan kedua di setiap awal bulan dengan agenda yang berbeda-beda. Kepala MAN 5 Sleman, Akhmad Mustaqim, S.Ag., MA mengapresiasi karya siswa-siswa dan menyampaikan harapannya.  Dengan adanya kegiatan ini beliau berharap warga madrasah dapat berperan aktif dalam memajukan budaya literasi. 
Kepala perpustakaan Amarta, Suryatun Munayani, S.Pd merengkan manfaat kegiatan ini. “Dengan literasi dan digitalisasi ini harapannya siswa akan terpancing semangatnya dalam membaca buku sehingga meningkatkan minat baca siswa.  Manfaat lainnya yaitu memromosikan program perpustakaan Amarta MAN 5 Sleman, selain itu juga untuk mengasah skill atau keterampilan siswa dalam IT dan digitalisasi”, terang Suryatun Munayani, S.Pd. 
Kedepan, karya siswa yang terpilih nantinya akan mendapatkan apresiasi di kegiatan bulan bahasa mendatang.  
Salah satu siswa, Ade Sinta (X A) menyampaikan kesannya. “Dengan kegiatan seperti ini kegiatan membaca jadi tidak membosankan, saya dan teman-teman sangat menikmati dan senang dengan adanya kegiatan literasi seperti ini”, terang Sinta sapaan akrabnya. (nk)

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895