Berita

UKS MAN 5 Sleman Adakan Screening Kesehatan Siswa, Siswa Bugar KBM Lancar!

Senin, 09 Oktober 2023 / Berita

Sleman (MAN 5 Sleman) –Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) MAN 5 Sleman bekerja sama dengan Puskesmas Tempel 1 mengadakan Screening kesehatan untuk siswa madrasah, Senin (2/10/2023) bertempat di UKS madrasah. Screening kesehatan ini merupakan penjaringan kesehatan anak sekolah, salah satu bentuk pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin. Kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk penjaringan kesehatan, pemantauan kesehatan serta penyuluhan kesehatans siswa madrasah.

Dilakukan oleh 10 petugas, yang di koordinatori Fuad Masykuri, S.Km. Peserta yang di screening adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 100 siswa dari kelas X A sampai X G. Dalam screening ini anak dicek kesehatannya diantaranya mengukur tinggi badan dan berat badan. Selanjutnya di cek terkait dengan kesehatan mata, cek darah (kadar gula dan HB), tekana darah, cek gigi dan telinga.

 

Koordinator UKS MAN 5 Sleman, Pina Palupi, S.Pd menyampaikan keiatan ini merupakan program tahunan dari UKS MAN 5 Sleman untuk memenuhi standar minimal pelayanan bidang Kesehatan. “Kita mengadakan screening kesehatan ini untuk mengetahui kondisi siswa di MAN 5 Sleman, lebih lanjut agar kita mengetahui kondisi kesehatan siswa supaya mereka siap dan bisa mengikuti pembelajaran setiap harinya”, terang Pina Palupi, S,Pd.

Salah peserta menyampaikan kesannya. Syifa Luna X D menjelaskan kegiatan screening ini memberikan manfaat besar. “Dengan adanya screening ini saya jadi tahu kondisi kesehatan saya dari kesehatan badan saya dari telinga, gigi dan lain lain. Sangat bermanfaat tentunya”, terang Luna sapaan akrabnya.

Seluruh kegiatan screening berjalan dengan lancar dan berakhir sampai pukul 12.30 WIB. (nk)

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895