Berita

MAN 5 Sleman Terima Layanan Jemput Bola E-KTP Dukcapil Sleman

Rabu, 13 September 2023 / Berita

 

Sleman (MAN 5 Sleman) - Dalam upaya mempercepat perekaman KTP elektronik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sleman melakukan jemput bola di MAN 5 Sleman, Selasa (12/9/2023). Kehadiran jemput bola dalam pembuatan  KTP elektronik ini, nampaknya disambut antusias oleh para siswa, terutama yang berumur 17 tahun dan belum memiliki KTP el. Jumlah siswa yang ikut dalam kegiatan ini sejumlah 60 siswa dari kelas X, XI dan XII. Perekaman dilakukan di Lab IPA. Siswa yang melakukan perekaman harus membawa persyaratan, seperti foto copy Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK).

Petugas dari Dinas Kependudukan dan Pencatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sleman, Suryo Adi Dwi Kurnianto, S.STP, M.Ec.Dev didampingi Douglas Sudarmaji, S.Kom, mengatakan Program ini dilakukan dalam upaya menjemput bola sebagai bentuk dukungan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) kependudukan. Melalui pelaksanaan pelayanan keliling perekaman  KTP el untuk pelajar dengan menjaring pelajar yang sudah memasuki usia wajib KTP.

Petugas yang melayani ada 6 orang. Bersamaan dengan itu Kepala Dinas Dukcapil Bp. Susmiarto turut mengunjungi dan mengawal program ini. “Program ini juga sebagai bentuk sosialisasi, khususnya para pelajar akan pentingnya kewajiban dan memiliki  KTP elektronik bagi warga negara yang berusia 17 tahun ke atas. Karena itu, kami menjemput bola untuk memudahkan mereka,” ujar Bp. Susmiarto

Drs. Sumarlan selaku Waka Humas MAN 5 Sleman, menjelaskan pihak Madrasah sangat menyambut baik program ini. “Program ini sangat bagus sekali, kami berharap program yang bagus ini bisa terus dilanjutkan. Karena siswa bisa mendapatkan  KTP el dengan tetap belajar tanpa meninggalkan sekolah,” jelas Drs. Sumarlan.

Salah satu siswa Karin Hesti XII IPS 3 (17 tahun), mengaku senang adannya jemput bola pembuatan  e-KTP ini. "Prosedurnya sangat mudah, datang langsung diminta mengumpulkan berkas fotocopi akta dan KK kemudian diambil foto dengan ganti baju formal. Petugasnya juga ramah-ramah. Nggak usah izin untuk ngurus e-KTP," kata Karin sapaan akrabnya. (nk)

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895