Berita

Wujudkan Generasi Tangguh, Gudep Pramuka MAN 5 Sleman Adakan Pengukuhan Dewan Ambalan Angkatan 15

Rabu, 06 September 2023 / Berita

Sleman (MAN 5 Sleman) – Pengukuhan  Dewan Ambalan Gugus Depan 14.067 dan 14.068 Pangeran Diponegoro - Nyi Ageng Serang pangkalan MAN 5 Sleman Angkatan 15 periode 2023/2024 berlangsung selama dua hari, Sabtu-Minggu (2-3/9/2023). Kegiatan ini diikuti oleh 19 peserta, 9 putra dan 10 putri kelas XI. Mereka digembleng selama 2 hari dengan melakukan perjalanan rute juang Pangeran Diponegoro - Nyi Ageng Serang.

Kamabigus MAN 5 Sleman, Akhmad Mustaqim, S.Ag., MA membuka acara dan meberikan motivasi kepada peserta DA. “Tujuan dari adanya pengukuhan DA ini adalah dalam rangka memupuk dan membentuk jiwa kepemimpinan dan patriotisme kalian, agar kedepan siap melanjutkan estafet kepramukaan di Gudep MAN 5 Sleman ini. Silahkan saling menjaga satu sama lain agar semuanya terjaga kesehatan fisik dan mental. Semoga Allah memberikan kelancaran, kekuatan dan keselamatan dari awal sampai berakhirnya kegiatan”, terang Kamabigus.

 

Para Peserta berangkat mulai pukul 09.00 WIB dari kampus MAN 5 Sleman. Perjalanan menuju ke Makam Nyi Ageng Serang di Bukit Beku, Banjarharjo, Kalibawang, Kulonprogo. Jalur yang dilalui adalah napak tilas rute juang Nyi Ageng Serang. Keluar masuk perkampungan menyusuri Sungai, bukit dan sawah.  Kemudian para peserta beristirahat dan sholat zuhur di Masjid padukuhan Duwet, Banjarharjo, Kalibawang.

Turut serta dalam acara pengukuhan ini kakak-kakak pembina diantaranya, Kak Sumarlan, Kak Bibit, Kak Novas, Kak Eriska dan Kak Dira. Para peserta menaiki perbukitan Menoreh dan tiba di Makam Nyi Ageng Serang sekitar jam 15.30 WIB. Dilanjutkan dengan istirahat dan sholat Ashar di pendopo makam, sholat Ashar di mushola berlanjut dengan pasang tenda.

Malam hari setelah sholat isyak diadakan upacara Buka Tutup Adat dengan pembina upacara Kak Sumarlan dilanjutkan dengan pencarian atribut Dewan Ambalan di sekitar halaman Makam Nyi Ageng Serang. Acara berakhir pukul 22.00 WIB.

Pada pukul Jam 04.00 WIB dini hari, Minggu (3/9/2023) peserta perjalana ke Mushola Kalibawang. Setelah sholat subuh berjamaah kemudian dilanjutkan dengan Pengukuhan Dewan Ambalan dengan pemasangan Atribut DA kepada para peserta oleh Kagudep, Drs, Sumarlan. Dalam arahannya Kak Sumarlan menekankan bahwa kegiatan ini merupakan proses kaderisasi di lingkungan Ambalan MAN 5 Sleman, sehingga diharapkan dapat meneruskan tongkat estafet kepemimpinan Dewan Ambalan dan selanjutnya dapat memberikan prestasi yang terbaik untuk MAN 5 Sleman.

Setelah acara pengukuhan peserta pulang dengan meyusuri jalan raya dan rute juang Nyi ageng serang. Para peserta tiba di kampus MAN 5 Sleman sekitar jam 10.00 WIB. Salah satu peserta, Aisyah Nur  (XI IPS 1) mengatakan kegiatan ini sangat menguras fisik karena selama kegiatan kami berjalan dengan membawa perlengkapan dan menggendong tas perbekalan terus menerus sampai di Makam Nyi Ageng Serang. “Jujur bagi saya ini pertamakali berjalan selama berjam-jam, bahkan tidur pun kurang. Namun bagi saya, kegiatan ini menjadi pengalaman yang berharga karena bisa membentuk kemadirian dan kerjasama dengan rekan rekan DA. Tentunya tidak terlupakan”, terang Ais sapaan akrabnya. (Nk)

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895