Berita

Upacara HAB ke-77 Kementerian Agama, MAN 5 Sleman Usung Tema Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat.

Selasa, 03 Januari 2023 / Berita

Sleman (MAN 5 Sleman) – Selasa (3/1/2022) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 Sleman menggelar upacara Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77. Pada Upacara kali ini MAN 5 Sleman bersama dengan MTsN 2 Sleman di lapangan MTsN 2 Sleman diikuti seluruh guru dan pegawai. Upacara di mulai pada pukul 07.15 WIB. Petugas upacara bendera peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama RI kali ini dilakukan guru dan pegawai MTsN 2 Sleman. Untuk pakaian yang digunakan adalah pakaian adat, pria memaki surjan, bawahan jarik dan memakai blangkon. Sedangkan untuk wanita memakai atasan kebaya dan bawahan jarik, untuk jilbab menyesuaikan.

Kepala MAN 5 Sleman, Drs. Aris Fu’ad berkesempatan untuk menjadi pemimpin upacara. Dalam amanatnya membacakan Pidato Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas yang mengusung tema Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat . “Kementerian Agama memperingati Hari Amal bakti (HAB) ke 77. Kita diajak untuk mengenal, memahami dan meresapi atau bertanya kembali mengapa dan untuk apa kementerian Agama yang dulu bernama Departemen Agama ini dilahirkan pada 1946. Lalu, kita sebagai generasi penerus Kementerian Agama, sudahkah melakukan pengabdian sebagaimana khittah kelahiran Kementerian Agama atau belum? Pada peringatan HAB ke-77 tahun ini, saya mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat. Jadikan peringatan HAB ini sekaligus sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia," tutur Aris Fu’ad membacakan amanat Menteri Agama RI.

Dalam amanatnya Menteri Agama RI juga menyampaikan tahun lalu dalam Peringatan HAB ke-76 Kementerian Agama kita gelorakan semangat Transformasi Layanan Umat. Alhamdulillah secara bertahap, cita bersama itu mula terwujud dan tampak hasilnya. Kini Kementerian Agama telah terlihat berubah, Birokrasinya lebih lincah dan responsif. Transformasi digital mulai berjalan, salah satunya dengan kehadiran Pusaka Super Apps, aplikasi layanan Kementerian Agama. Buktinya banyak pengakuan dan apresiasi oleh Kementerian/ Lembaga, lebih dari 22 penghargaan pada tahun 2022. Kita jaga prestasi dan tahun ini harus lebih baik dari tahun kemaren. Pada HAB ke-77 tahun 2023, kita canangkan tagline Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat. Tugas berat mesti ditunaikan oleh seluruh ASN Kementerian Agama. Kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis. Kerukunan sering menguji kita, lebih lebih menjelang Pemilu 2024. Sejatinya kerukunan adalah prasyarat pembangunan nasional. Pembangunan membutuhkan stabilitas, dan stabilitas dapat terwujud bila antar masyarakat rukun dan damai. Melalui peringatan HAB KE-77 ini juga mari kita jadikan momentum untuk meningkatkan solidaritas organisasi. Kita harus berda dalam satu barisan yang kuat dan kokoh, dan terorganisir untuk Kementeran Agama yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Upacara berjalan dengan tertib dan lancar, seluruh rangkaian upacara selesai pada pukul 08.10 WIB. Ditemui seusai upacara setelah sesi foto bersama, Drs. Aris Fu’ad menyampaikan harapannya yakni semoga di tahun ini  karena merupakan tahun politik, saya mengajak keluarga besar Kementerian Agama khususnya MAN 5 Sleman bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat bisa membina dan membangun suasana rukun dan damai agar tahapan pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi. "Saya ucapkan selamat memperingati Hari Amal Bakti ke-77 Kementerian Agama. Semoga Kementerian Agama terus Berjaya dalam memberikan pelayanan terbaiknya untuk masyarakat. Mari kita menjadi yang terdepan untuk mewujudkan Kerukunan Umat Indonesia ini," harap Aris Fu’ad.

Dalam peringatan HAB ke-77 ini MAN 5 Sleman juga membuat Twibbon Hari Amal Bhakti untuk dijadikan status WA oleh guru dan pegawai serentak dengan foto terbaiknya. (Nk)

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895