Berita

Keren! MAN 5 Sleman Ikuti Jogja Menari II 2022

Rabu, 21 Desember 2022 / Berita

Sleman -- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 Sleman yang beralamat di Jl. Magelang Km 17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Sleman mengikuti pagelaran Jogja Menari II 2022 dengan menerjunkan personil sebanyak 90 siswa di Lapangan Siwa, Candi Prambanan pada Minggu 18/12/2022.

Jogja Menari merupakan pagelaran tari terbesar di Jogja, setelah absen selama 4 tahun. Pada Tahun 2018 Jogja Menari memecahkan Rekor Muri penari jaranan terbanyak di Indonesia diprakarsai oleh Alumni SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta. Jogja Menari kedua tahun 2022 diadakan dalam kerangka acara Lustrum SMA Negeri Teladan Yogyakarta. Tahun ini dengan mengusung Tema Tari Nusantara Harmoni Jogja Menari II 2022 melibatkan 5500 penari, tentunya lebih meriah. Tari Nusantara Harmoni membawa makna semangat kebangkitan bersama Indonesia setelah melewati masa pandemi menuju Indonesia baru.

MAN 5 Sleman mendorong siswanya untuk selalu mencintai kebudayaan, salah satunya tarian. 90 peserta yang berasal dari Kelas X dan kelas XI sangat antusias dari mulai persiapan, latihan dan ketika tampil. Minda Herlina, S.Pd sebagai pembina menjelaskan para siswa berlatih kurang lebih dua pekan. “Selama kurang lebih 4 pekan para siswa berlatih di lapangan MAN 5 Sleman dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB. Segala persiapan sudah kami persiapkan dengan sebaik mungkin, para siswa juga sangat antusias dan penuh semangat dalam mengikuti Jogja Menari II ini”, terang Minda Herlina, S.Pd.

Muh. Abdul Latif, S.Pd mendampingi para siswa dalam Jogja Menari II ini. Dalam keterangannya Muh Abdul Latif, S.Pd menjelaskan bahwa pelatih dari 90 siswa ini berasal dari siswa sendiri. “Dengan bangga kami menegaskan bahwa kami mengapresiasi semangat dari 90 siswa ini, pelatih berasal dari siswa sendiri yakni Dyan Fitria Susanto XI MIPA 3. Dan para siswa berlatih mandiri melalui Chanel Youtube Jogja Menari, dimana gerakannya sudah disiapkan dari panitia. Persiapan ketika hari H, para siswa memulai persiapan, rias, dan lain lain dari pukul 04.30 WIB dan berangkat dari MAN 5 Sleman pukul 07.00 WIB, anak anak tampil dengan sangat keren”, terang Muh. Abdul Latif, S.Pd.

Dyan Fitria XI MIPA 3 menjelaskan lagu dalam Jogja Menari II ini berasal dari beberapa daerah dari Sabang sampai Merauke. “Lagu daerah dalam Jogja Menari II ini diambil dari beberapa daerah di Nusantara, diantaranya Suwe Ora Jamu dari Yogyakarta, Bungong Jeumpa dari Aceh, Kicir-Kicir dari Betawi, Paris Barantai dari Kalimantan, Si Patokaan dari Sulawesi, Janger dari Bali, Yamko Rambe Yamko dari Papua, dan Rasa Sayange dari Maluku. Untuk Durasinya kurang lebih 9 menit”, ungkap Dyan sapaan akrabnya.

Ditemui dimeja kerjanya Kepala MAN 5 Sleman, Drs. Aris Fu’ad memberikan dukungan dan apresiasi kepada para peserta dan pembimbingnya. “Alhamdulillah tahun ini MAN 5 Sleman bisa tampil unjuk diri dengan penuh percaya diri dan tampil dengan maksimal dalam festival Jogja Menari II. Meskipun belum juara tapi ini merupakan awal yang sangat bagus untuk mendorong semangat berkompetisi dan berekspresi para siswa”, jelas Drs. Aris Fu’ad (Nk)

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895