Berita

Helmi, Siswa MAN 5 Sleman Melaju ke FLS2N Tingkat Nasional 2021

Sabtu, 28 Agustus 2021 / Berita

Siswa MAN 5 Sleman kembali mengukir prestasi di ajang pengembangan prestasi dan karakter peserta didik melalui kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tahun 2021 cabang lomba menyanyi solo yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional. FLS2N ini diikuti oleh siswa-siswi dari SMA/MA seluruh Indonesia.

Prestasi ini diukir oleh Helmi Anwar Rasyid yang melaju ke FLS2N Tingkat Nasional. Siswa yang akrab dipanggil Helmi ini, akan mewakili Propinsi DIY yang merupakan satu satunya siswa dari madrasah. adapun FLS2N SMA/MA tingkat daerah ini dilaksanakan secara daring pada 14 Juni-22 Agustus 2021 yang lalu.

FLS2N merupakan wadah berkompetisi dan berkesenian untuk siswa Indonesia. Adapun bidang seni yang dilombakan dalam FLS2N jenjang SMA/MA tahun ini adalah baca puisi, gitar solo, monolog, tari kreasi, vokal solo, desain poster, film pendek, kriya, komik digital, dan cipta lagu. 

Cabang lomba Vokal Solo terdiri dari dua kategori, yaitu vokal solo putra dan vokal solo putri. Peserta membawakan 2 buah lagu yaitu 1 buah lagu pilihan dan 1 buah lagu daerah setempat. Untuk lagu daerah yang dibawakan oleh peserta adalah lagu wajib dari daerah setempat peserta sedangkan untuk lagu pilihan peserta wajib menggunakan musik pengiring sesuai lagu yang dipilih.

Selanjutnya para juara yang telah terpilih di provinsi masing-masing dapat mengikuti tahapan selanjutnya yakni kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus-5 September 2021. FLS2N dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi yang telah disediakan sesuai persyaratan dengan mengusung tema “Eksplorasi Talenta Seni dan Budaya pada Masa Pandemi untuk Indonesia Pulih”.

Mimi Alpian, S.Pd selaku guru pembibing menyampaikan keberhasilan Helmi lolos tingkat nasioanl tidak terlepas dari bimbingan dan doa dari Bapak dan Ibu guru MAN 5 Sleman.  Prestasi ini sekaligus sebagai bukti jika siswa MAN 5 Sleman  tidak hanya ditempa dengan ilmu agama, sosial, dan sains tapi juga seni sehingga semua siswa bisa mengambangkan diri dan potensi yang dimiliki sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki.

“Selamat kepada Helmi semoga ditingkat nasional nantinya meraih prestasi yang terbaik. Mengikuti FLS2N menjadi salah satu pola pembinaan pendidikan di bidang seni agar tercipta kelembutan hati serta kecintaan seni dan budaya bangsa” harap Mimi yang juga salah satu guru Bahasa Indonesia ini.

Kepala MAN 5 Sleman Drs. Aris Fu’ad menyambut gembira atas prestasi yang diraih siswanya. Selama ini madrasah berusaha memfasilitasi dan memberikan dukungan maksimal kepada para siswa untuk mengembangkan prestasinya di bidang akademis maupun non akademis. “Dengan dinyatakan lolos seleksi ini jadikanlah penyemangat untuk tetap giat dan rajin berlatih sehingga dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi di masa depan,” pesan Aris Fu’ad.

 

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895