Berita

Undang Siswa Eligible, Tim BK MAN 5 Sleman Sosisalisasikan SNMPTN

Sabtu, 20 Februari 2021 / Berita

Sleman (MAN 5 Sleman) – Guna menjembatani minat siswa dalam kelanjutan study, Tim Bimbingan dan Konseling (BK) MAN 5 Sleman mengadakan sosialisasi pendaftaran SNMPTN 2021. Kegiatan ini mengundang siswa secara bergelombang terutama bagi siswa kelas XII yang masuk dalam kategori siswa eligible, yakni siswa dengan ranking 40% terbaik dalam setiap jurusan, Rabu - Kamis (17-18/ 2).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan,  siswa yang datang diperiksa suhu badan, cuci tangan, memakai masker dan jam kehadiran sudah dijadwalkan. Setiap kelasnya berkisar 1 jam lebih dengan 3 sesi pertemuan setiap harinya dimulai jam 08.00 - 12.00 WIB. MAN 5 Sleman sebagai madrasah penyelenggara keterampilan mempunyai 3 jurusan, yaitu MIPA, IPS, dan Keagamaan.

Ditemui disela sela kesibukan mendampingi siswa, Khoirul Muna, S.Pd menyampaikan tujuan kegiatan sosialisasi ini selain untuk mendampingi siswa dalam pemahaman tata cara pendaftaran SNMPTN, juga untuk memberikan arahan kepada siswa agar memilih jurusan dan PTN sesuai dengan minat serta pandai membaca peluang masuk SNMPTN.

“Ternyata masih banyak siswa yang masih bingung dalam menentukan pilihannya. Diharapkan sebelum finalisasi pemilihan jurusan dan PTN, siswa sudah benar benar mantap dan yakin dalam memilih jurusannya,”  jelas Khoirul Muna.

Lebih lanjut guru yang dikenal murah senyum tersebut menjelaskan siswa harus benar-benar memikirkan secara matang, jurusan yang dipilih harus sesuai dengan keinginan, jika nanti diterima SNMPTN mau tidak mau harus diambil, atau siswa sendiri yang akan terkena imbasnya yakni tidak ada kesempatan untuk mendaftar UTBK-SBMPTN.

Hal senada disampaikan Dwi Rahayu, S.Pd yang memberikan strategi memaksimalkan peluang lolos SNMPTN agar semakin besar. Pertama, hindari lintas jurusan. Kedua, mengetahui passing grade dan jumlah pendaftar. Ketiga, pertimbangkan jurusan dan PTN yang sepi peminat. Keempat, Pertimbangkan jurusan dengan melihat nilai rata-rata mata pelajaran dari semester 1 sampai semester 5. Kelima, pertimbangan rekam jejak kampus kakak tingkat yang diterima SNMPTN.

“Setiap siswa boleh berharap untuk lulus SNMPTN tapi juga harus siap diterima ataupun tidak diterima, jikapun tidak diterima masih banyak kesempatan masuk jurusan dan PTN dengan jalur lain seperti SPAN PTKIN, SBMPTN dan Ujian Mandiri  yang penting siswa mau dan terus berjuang,” ungkap Dwi Rahayu

Sementara itu, Nur Kasanah, S.Kom. I menambahkan siswa agar selalu melibatkan orang tua untuk berdiskusi dalam menentukan pemilihan jurusan dan PTN. Dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut harapannya akan semakin bertambah jumlah siswa MAN 5 Sleman yang terjaring dalam SNMPTN 2021 nanti.

“Pendaftaran SNMPTN sendiri sudah dibuka mulai dari senin (15/2/2021) hingga Rabu (24/2/2021) dimana pengumumannya dijadwalkan 22 Maret 2021 mendatang,” tambah Nur Kasanah.

Salah satu siswa yang ikut kegiatan ini, Maulana Robiyanto mengaku kegiatan ini sangat bermanfaat. “Saya jadi tahu cara dan setrategi memilih jurusan yang tepat sesuai dengan minat dan kemampuan saya. Terimakasih Tim BK MAN 5 Sleman,” ujar robi sapaan akrabnya .

Koordinator BK MAN 5 Sleman, Drs. Sumarlan menuturkan agar tidak terputus sosialisasi ini, BK MAN 5 Sleman memaksimalkan pelayanan dan pendampingan dengan senantiasa membuka layanan konsultasi baik untuk seluruh siswa maupun orangtua siswa melalui WaPri ataupun datang langsung di Ruang BK, tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan di masa Pandemi.

“Ada total 98 Siswa Eligible yang diundang, tetapi tidak semuanya bisa datang” pungkas Sumarlan. (nur K/tmr)

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895