Berita

MAN 5 Sleman Gelar Test CBT PPDB Calon Peserta Didik Baru

Senin, 16 Maret 2020 / Berita

Sleman (MAN 5 Sleman) - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 Sleman mengadakan test Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan wawancara untuk calon peseserta didik baru. Test dilaksanakan dengan berbasis komputer atau Computer Based Test (CBT) yang dilaksanakan di Laboratorium Komputer madrasah setempat, Sabtu (14/3).

Soal tes CBT sebanyak 50 soal dengan 4 jenis mata pelajaran, diantaranya adalah Pendidikan Agama Islam, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Setelah tes selesai dilanjutkan tes wawancara yang didampingi oleh orang tua atau wali peserta didik.

Wakil Kepala Urusan Kesiswaan, Dra. Siti Burhanah menyampaikan tujuan dari test CBT dan wawancara untuk melihat bagaimana sikap dan cara menjawab satu persatu pertanyaan yang di ajukan oleh pihak madrasah, serta untuk memperkenalkan pelajaran yang ada di madrasah, lingkungan madrasah dan suasana yang ada di MAN 5 Sleman.  

"Calon peserta didik yang ikut dalam test ini sangar bersemangat dan ada yang sedikit grogi karena baru pertama kali bertatap muka dengan guru-guru yang ada di MAN 5 Sleman, semoga jika mereka lulus dan menjadi peserta didik MAN  5 Sleman bisa membawa madrasah ini lebih baik karena nasib madrasah berada pada generasi siswa yang berprestasi" ungkap Siti Burhanah.

Kepala MAN 1 Sleman, Drs. Aris Fu’ad menuturkan jumlah calon peserta didik yang mengikuti test CBT PPDB tahun ajaran 2020/2021 sesuai dengan hasil verifikasi berkas yang sudah lengkap. "Tes uji calon peserta didik dilaksanakan dengan test CBT karena lebih praktis dan efisien dan mencegah kebocoran soal serta bisa meminimalisir kecurangan calon peserta didik," tutur Aris Fu’ad. 

Salah satu calon peserta didik, Aqila Aula Putri seusai test CBT mengatakan CBT sih lebih praktis dan kemungkinan buat curangnya lebih minim dibanding ujian manual. “Kalo ujian secara manual tuh lebih makan waktu untuk menghitamkan jawaban terus banyak kemungkinan buat curangnya. Sedangkan dengan CBT lebih praktis dan kemungkinan buat curangnya lebih minim,” ujar Aqila sapaan akrabnya.

Sementara, untuk jumlah kuota Rombongan Belajar (Rombel) yang tersedia yakni hanya 7 ruang kelas dengan 3 jurusan, yaitu jurusan Keagamaan, IPA dan IPS. PPDB MAN 5 Sleman masih membuka pendaftaran bagi calon peserta didik baru, baik datang langsung ke madrasah ataupun melalui PPDB online dengan membuka Website https://man5sleman.sch.id.  (tmr)

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895