Berita

Sambut Hari Santri Nasional, MAN 5 Sleman Gelar Mujahadah Bersama

Senin, 21 Oktober 2019 / Berita

Jelang Hari Santri Nasional pada 22 Oktober 2019, beragam acara digelar oleh MAN 5 Sleman. Diawali dengan mujahadah bersama (21/10) di musholla dan aula madrasah yang dilaksanakan pada pukul 07.00 hingga 07.45 WIB.

Dipimpin oleh Drs. Daryono, sebanyak 450 siswa dengan khusyuk mengikuti kegiatan mujahadah. Mengawali mujahadah, para siswa melantunkan bacaan asmaul husna bersama-sama tanpa melihat teks. Tidak hanya para siswa yang hadir di aula tersebut, tetapi para guru juga hadir mendampingi. Adapun bacaan yang dibaca setelah asmaul husna adalah mujahadah Ratib Al-Haddad.

“Kegiatan mujahadah seperti ini membentuk pribadi siswa menjadi pribadi yang cerdas secara spiritual, moral, dan emosional. Tidak hanya untuk menyambut Hari Santri Nasional saja, MAN 5 Sleman juga sering melaksanakan mujahadah dan doa bersama di lain kesempatan.” Ungkap kepala MAN 5 Sleman, Drs. Aris Fuad.

Drs. Daryono mengungkapkan bahwa dengan membaca asmaul husna dan mujahadah, hati akan lebih tenang dan dekat dengan Allah Swt., serta akan dimudahkan segala urusan dan dikabulkan hajatnya. Guru matematika ini juga berharap, para siswa bisa mengamalkan asmaul husna dan mujahadah di rumah.

“Dengan mengikuti kegiatan mujahadah di madrasah, saya merasa lebih tenang dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Saya yakin, mujahadah ini akan memberikan manfaat untuk kesuksesan saya di masa depan.” ujar Muhammad Rizal siswa kelas X Agama yang juga ketua Rohis ini.

Selain mujahadah, kegiatan lain yang akan dihelat dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2019 di MAN 5 Sleman  adalah upacara bendera berbahasa Arab, muqaddaman al-Quran 30 juz, lomba – lomba keagamaan, yaitu Murottal, Adzan, Kreasi Asmaul Husna, Cerdas Cermat Agama, dan sepak bola dengan memakai sarung.  Seluruh agenda tersebut akan dilaksanakan pada Selasa (22/10) dengan panitia Rohis MAN 5 Sleman, ‘Luqmanul Hakim’. Seluruh siswa diinstruksikan untuk memakai baju koko putih dan berpeci bagi siswa laki-laki dan baju muslimah (gamis) untuk siswa perempuan.

Pada Selasa (22/10) MAN 5 Sleman juga mengirimkan siswa sebanyak tiga kelas untuk mengikuti kegiatan apel Hari Santri Nasional di lapangan Denggung, Sleman. Seluruh rangkaian kegiatan Hari Santri di MAN 5 Sleman ini juga untuk melaksanakan Keputusan Presiden nomor 22 tahun 2015 serta instruksi Kantor Kemenag Kab. Sleman. (fat)

 

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895