Berita

MAN 5 Sleman Gelar Pengajian menyongsong Hari Raya Idhul Adha

Sabtu, 10 Agustus 2019 / Berita

MAN 5 Sleman Gelar Pengajian menyongsong Hari Raya Idhul Adha

Sleman (MAN 5 Sleman) - MAN 5 Sleman menggelar berbagai kegiatan dalam rangka peringatan Hari Raya Idul Adha 1440 H. Rangkaian kegiatan dimulai dengan mengadakan Pengajian menyongsong Hari Raya Idhul Adha, Kamis (8/8) yang bertempat di Aula Madrasah setempat. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa, guru, dan karyawan dengan penuh antusias dan suka cita.

Kegiatan pengajian ini sebagai salah satu upaya pembentukan karakter siswa, sarana silaturahim, serta peningkatan iman dan takwa seluruh civitas madrasah.  ROHIS MAN 5 Sleman “Luqmanul Hakim” mengemas acara pengajian dengan apik. Para hadirin disuguhkan oleh penampilan Grup Hadroh MAN 5 Sleman dengan alunan selawat nabi yang diiringi rebana.

Sebelum tausiyah inti disampaikan, perwakilan siswa naik ke panggung untuk menyampaikan membacakan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan dilanjutkan dengan kultum. “Kami sengaja memberi kesempatan siswa untuk kultum, karena dengan seperti ini siswa berlatih untuk percaya diri tampil di depan publik. Kultum oleh siswa di MAN 5 Sleman sudah dibiasakan setiap hari seusai salat dzuhur berjamaah di madrasah,” ujar koordinator keagamaan madrasah, Munji Jakfar S.Pd.I., M.Pd.I.

Munji Jakfar menambahkan selain kegiatan pengajian, untuk menyemarakan peringatan Hari Raya Idhul Adha juga akan mengadakan kegiatan lainnya. Kegiatan tersebut di antaranya adalah penyembelihan hewan kurban di madrasah. Berbagai macam lomba antarkelas, seperti pidato tiga bahasa, Musabaqah Tilawatil Quran, kreasi takbir, adzan, pembacaan puisi, dan lomba memasak. 

Hadir sebagai pemberi tausiyah, M. Sugimar Robitina, S.Pd. menyampaikan tentang keutamaan puasa ‘Arafah dan beberapa hikmah berkurban. “Dengan peringatan hari raya Idul Adha, kita bisa meneladani kisah Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. yaitu beliau berdua adalah contoh bukti puncak rasa cinta seorang hamba kepada Sang Khaliq. Pada bulan Dzulhijjah umat muslim dianjurkan untuk memuliakan bulan ini, terutama sepuluh hari di awal bulan Dzulhijjah salah satunya dengan berpuasa ‘Arafah tanggal 9 Dzulhijjah karena puasa tersebut akan menghapus dosa selama setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” ungkap guru yang juga seorang hafidz.

Kepala MAN 5 Sleman menyampaikan berbagai kegiatan yang dilaksanakan untuk menyambut hari raya Idul Adha ini, diharapkan para siswa MAN 5 Sleman bisa mengambil hikmah di antaranya adalah mempertebal keimanan dan cinta kepada Allah SWT., serta memperteguh jiwa sosial. “Setiap tahunnya, MAN 5 Sleman secara rutin mengadakan acara peringatan hari raya Idul Adha karena ini merupakan program wajib keagamaan tahunan di madrasah,” tutur Aris Fu’ad. (fat)

 

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895