Berita

Jelang UNBK MAN 5 Sleman Adakan Outbond

Jumat, 29 Maret 2019 / Berita

Sleman (MAN 5 Sleman) – Setelah siswa disibukkan dengan berbagai macam ujian, baik berbasis kertas maupun komputer, maka siswa akan sampai pada titik jenuh sehingga perlu penyegaran kembali agar tetap bersemangat dalam menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Berbagai alternatif kegiatan dilakukan oleh MAN 5 Sleman, termasuk salah satunya dengan kegiatan outbound.

Sebanyak 198 siswa kelas XII dan 11 guru pendamping tampak ceria dan bersemangat mengikuti serangkaian kegiatan outbound di Desa Wisata Ledok Sambi. Kegiatan ini dilaksanakan Kamis (28/3) dengan mengusung tema “Siap dan Sukses Menghadapi UNBK 2019”.

Pemilihan lokasi didasari karena belum pernah menyelenggarakan outbound di kawasan tersebut.  Di samping itu, Desa Wisata Sambi adalah merupakan desa alami asli Jogjakarta, yang terletak di jalan Kaliurang Km. 19,2 Padukuhan Sambi Desa Pakembinangun Kecamatan Pakem Kabupaten Sleman DIY. Desa Wisata ini  memiliki beragam potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Letaknya yang berada cukup dekat dengan Gunung Merapi menghadirkan panorama alam yang sangat indah untuk dinikmati sehingga memberikan kesegaran dan ketentraman hati, panorama alam dan pepohonan yang rindang serta kejernihan airnya juga rumah-rumah adat seperti joglo, limasan dengan halaman yang luas, bisa dipakai bermain sambil menikmati sejuknya udara dalam suasana desa.

Kegiatan dimulai dengan ice breaking di depan pendopo dengan berbagai macam permainan dan yel-yel agar lebih bersemangat untuk meraih sukses UNBK. Setelah itu dilanjutkan dengan berbagai macam permainan, seperti Flying Fox, Flying Bambo, River Tubing, Transfer Kelereng Pipa dan permainan sejenisnya yang cukup menantang dan mampu membuat siswa kembali fresh dan ceria.

Nur Syam’ah, S.Pd, M.Pd selaku Wakil Kepala Urusan Kurikulum menuturkan pelaksanaan outbound bertujuan untuk memberikan penyegaran atau refreshing bagi siswa setelah menjalani berbagai macam try out dan ujian yang sukup menguras tenaga dan fikiran siswa. “Melalui outbound ini, diharapkan  segala kepenatan dan kejenuhan siswa bisa hilang dan kembali bersemangat untuk belajar lebih giat agar mampu menorehkan prestasi dalam UNBK,” ujarnya.

Sedangkan dalam sambutannya Drs. Aris Fu’ad menyampaikan ada 4 siswa MAN 5 Sleman yang sudah diterima Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk perguruan Tinggi (SNMPTN) dan Jalur Prestasi Akademik. Selain itu juga memberikan semangat dan support terhadap peserta outbond. Menurutnya outbound memang perlu diselenggarakan guna menjadi perekat hubungan antar siswa sehingga mereka merasa tenang, nyaman dan percaya diri dalam menghadapi UNBK. “Kami berharap siswa MAN 5 Sleman tidak hanya sukses UNBK melainkan juga sukses dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang nilainya digunakan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Selain itu bagi siswa yang tidak melanjutkan study juga sukses memasuki dunia kerja,” tegas Aris Fu’ad. (tmr)

 

    Kirim Komentar

    MAN 5 SLEMAN

    Jl. Magelang Km.17 Ngosit, Margorejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55552
    man.tempeloke@gmail.com
    +62 - 274 - 4362895